Pangkostrad Letjen TNI Maruli Maruli Simanjuntak, M.Sc., Resmikan Satuan Baru Jajaran Kostrad di Banten

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., memimpin acara peresmian Brigif Mekanis 14/Mandala Yudha Divif 1 dan jajarannya dan tradisi Korps penerimaan dan pembaretan Prajurit Kostrad yang dilaksanakan di lapangan Mabrigif Mekanis 14 Mandala Yudha, Kab. Lebak, Prov Banten. Kamis (01/12/2022).

Selain itu, Alih Kodal Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kodam III/Siliwangi dan Pembekuan Yon Mandala Yudha Kostrad dilakukan seiring dengan diresmikannya satuan Brigif Mekanis 14/Mandala Yudha Divif 1 Kostrad yang merupakan validasi dari Yon Mandala Yudha Kostrad dalam rangka meningkatkan kemampuan operasional Divisi Infanteri 1 Kostrad sebagai satuan penindak awal yang mampu diproyeksikan dalam waktu relatif singkat dari pangkalan ke sasaran, khususnya di wilayah bagian barat Indonesia, sehingga secara organisasi harus dipenuhi dan disiapkan serta dilengkapi dengan baik untuk berada pada kondisi siaga operasional.

Dalam sambutannya, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Perintah Kasad nomor Sprin 3768/IX/2022 tanggal 19 September 2022, tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD, termasuk didalamnya alih kodal Yonif Mekanis 320/BP dan Pembekuan Yon Mandala Yudha Kostrad. Setelah dilaksanakan proses tersebut, maka seluruh kegiatan Yonif Mekanis 320/BP dibawah kendali Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad.

“Dengan diresmikannya Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad, otomatis memerlukan penataan organisasi baik di internal Kostrad maupun di tingkat Angkatan Darat, sehingga untuk memenuhi kebutuhan organisasi Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad diperlukan beberapa satuan yang dibekukan dan dialih kodalkan serta diresmikan, dalam rangka penataan kebutuhan organisasi,” kata Pangkostrad.

“Alih kodal Yonif Mekanis 320/BP dan Pembekuan Yon Mandala Yudha Kostrad, perlu dilakukan seiring dengan diresmikannya satuan Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad yang merupakan validasi dari Yon Mandala Yudha Kostrad, dalam rangka meningkatkan kemampuan operasional Divisi Infanteri 1 Kostrad, sebagai satuan penindak awal yang mampu diproyeksikan dalam waktu relatif singkat dari pangkalan ke sasaran, khususnya di wilayah bagian barat Indonesia, sehingga secara organisasi harus dipenuhi dan disiapkan serta dilengkapi dengan baik untuk berada pada kondisi siaga operasional,” tambah Pangkostrad.

Sealin itu, Pangkostrad juga mengatakan selaku pribadi dan atas nama seluruh prajurit Kostrad, mengucapkan “selamat” atas kehormatan menjadi Keluarga Besar Kostrad, sikapi kepercayaan dan kehormatan ini dengan penuh rasa tanggungjawab dengan menghadirkan karya-karya terbaik sebagai prajurit Kostrad.

“Saya menyadari adanya hambatan-hambatan yang dihadapi dalam menyiapkan kesiapsiagaan operasional Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad sebagai satuan baru, baik menyangkut personel maupun kondisi materil dan Alutsista, namun saya berharap agar hambatan/permasalahan yang dihadapi tersebut cepat teratasi,” ujar Pangkostrad.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad berpesan kepada Danbrigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad dan seluruh jajarannya, jika tugas yang dibebankan kepada saudara-saudara sekalian adalah merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Bangsa dan Negara.

“Junjung tinggi kepercayaan dan kehormatan tersebut, demi tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelihara dan jaga kesiapsiagaan operasional satuan jajaran Brigif Mekanis 14/MY/1 Kostrad, agar siap digerakan setiap saat untuk melaksanakan tugas,” pungkas Pangkostrad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kaskostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P., Irkostrad Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.M., Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., Kapoksahli Kostrad, Danrem 064/MY, Kasdivif 1 Kostrad, Irdivif 1 Kostrad, Asren Kostrad para Asisten Kaskostrad, Dangrup 1 Kopassus, Dandim 0603/Lebak, Danlanal Merak Banten, Bupati Lebak beserta Forkopimda Kabupaten Lebak serta segenap tokoh masyarakat Lebak.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE