Perkuat Sinergisitas, TNI AL- Polri Gelar Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal Surabaya – Perkuat sinergisitas, TNI AL melalui Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) integrasi Dikmaba TNI AL dan Diktukba Polri Tahun 2022. Kegiatan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi semua jenis dan jenjang pendidikan TNI-Polri.

“Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI AL – Polri bertujuan memperkuat sinergisitas yang telah terbentuk, yang dilaksanakan dengan menitik beratkan pada keterampilan perorangan dalam berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan, kerjasama tim dan kepemimpinan, “ ujar Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono didampingi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Wakalemdiklat) Polri, Irjen Pol. Eko Budi Sampurno, saat resmi membuka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri T.A. 2022 yang digelar di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (12/12)

Dalam waktu yang bersamaan, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirdik Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Dato Rusman S.N. membuka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri T.A. 2022 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto. Pembukaan Diklat juga dilaksanakan Sepolwan Polri Ciputat dengan Inspektur Upacara Irjen Pol Ida Oetari Poernamasari, S.A.P , M.A, yang diikuti oleh 20 Siswa Dikmaba Wan Kodiklatal Angkatan XLII/1. Diklat akan berlangsung dari tanggal 12-16 Desember 2022.

Menurut Dankodiklatal sebetulnya selama ini program Diklat Integrasi antara TNI dengan Polri telah dilaksanakan tetapi di level Perwira, dengan saling mengirimkan siswa satu sama lain sewaktu Taruna Akademi TNI-Polri kemudian jenjang Pendidikan Diklapa, Sesko Angkatan hingga Sesko TNI/Sespimti. Tetapi untuk level atau strata Bintara khususnya TNI AL baru kali ini, sehingga menjadi _pilot project_ atau program perdana untuk mensinergikan lebih erat lagi hubungan antar individu Prajurit TNI dengan Personel Polri.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kodiklatal ini menyampaikan Diklat Integrasi merupakan hal yang bagus karena menanamkan jiwa-jiwa integritas antar anggota TNI –Polri mulai dari pemahaman sejarah dan tugas masing-masing institusi, membangun rasa kebersamaan dan kerja sama serta rasa saling menghormati antara Petugas TNI –Polri. “Karena TNI-Polri adalah dua pilar strategis yang tidak boleh goyah dan tidak bisa dipecahkan oleh siapapun juga.Selama ini kita selalu bersinergi dan kedepan akan semakin kuat lagi dengan program-program semacam ini ,” tandas Jenderal TNI AL dengan tiga bintang di pundak ini.

Sementara itu selama mengikuti Diklat para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan berupa pencerahan tentang Wawasan Nusantara, Sejarah dan Tugas Pokok TNI AL dan Polri, Wisata Budaya dan Sejarah, Pengenalan Fasilitas TNI AL dan Polri. Kemudian karya bakti, pentas seni, dan olahraga bersama. Sedangkan siswa yang mengikuti kegiatan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI AL – Polri tahun 2022 terdiri dari Siswa Dikmaba TNI AL yang mengikuti kegiatan di SPN Mojokerto sebanyak 100 orang, dan Siswa yang mengikuti kegiatan di Kodiklatal berjumlah 440 orang. Berikutnya Siswa Diktukba Polri yang mengikuti kegiatan di Kodiklatal sebanyak 100 0rang, Siswa yang mengikuti kegiatan di Sepolwan Polri 20 orang.

Fram
Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.