Program BPS Lewat Pendataan Yang Dilakukan Atas Dasar Aturan Dan Ikuti Instruksi Presiden

Spread the love

Jurnalline.com, Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur) – Program BPS lewat pendataan per KK yang dilakukan itu atas dasar aturan dan mengikuti Instruksi Presiden, Hal ini ditegaskan kepala kantor Statistik Kabupaten Rote Ndao, Dikson Balukh, diruang kerjanya, Senin (6-12/2022).

Kepada Jurnalline.com, dikson mengatakan pendataan tersebut merupakan langkah awal untuk tahun ini yakni berupa Data Register Sosial Ekonomi, sedang akan dilanjutkan pada bulan maret tahun depan dan hal itu berupa Forum Konsultasi Publik atau Pengolahan Data, ucap balukh yang didampingi salah seorang stafnya.

Lebih lanjut Dikson menjelaskan, dari kegiatan program tersebut tiap personil didampingi seorang petugas lapangan dan ditugaskan di tiap RT, sehingga petugas dilapangan pun diambil pada tingkat RT masing-masing,
Sebab hal tersebut tentu untuk mempermudah dalam hal pendataan, ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dikson mengungkap kan juga bahwa semua personil dilapangan telah dibekali tentang materi-materi yang berkaitan langsung dengan pendataan itu.

Dan lagi ia mengatakan, terkait forum konsultasi publik, yaitu pengolahan data yang akan diadakan tahun 2023 tersebut, kami akan mengundang para aparat desa dan kesempatan itu kami berkonsultasi langsung dengan para aparat desa untuk mengevaluasi kembali hasil pendataan itu apakah sudah sesuai atau seperti apa, ujar balukh.

Sementara itu saat menjawab pertanyaan wartawan Jurnalline tentang kelanjutan data yang dikirim itu, apakah langsung ke pusat atau hanya ke provinsi, dikson kembali menjelaskan, semua data yang ada kita teruskan ke pusat, sementara provinsi sifatnya hanya sebagai monitoring.

Dikson menambahkan, terkait hal-hal terkait diatas kami dari BPS Kabupaten Rote Ndao ini sangat mengharapkan partisipasi dan kerjasama masyarakat agar kegiatan Pendataan tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan mengajak kepada masyarakat untuk saling hargai terutama para personil dilapangan dan hindari hal-hal yang berbau politik, pinta kepala kantor Statistik Kabupaten Rote Ndao, Dikson balukh dengan menutup perbincangan.

Hal senada juga dikatakan secara singkat oleh seorang staf pendamping yakni maxi bahwa personil yang bertugas dilapangan itu sudah kami ajari terutama sopan santun serta harus memperkenalkan diri ketika bertamu di rumah-rumah warga,Ujarnya.

Penulis : daniel helmy p
Kontributor : NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.