Matangkan MoU , PT Azure Serap Lulusan SMK KAL-2 Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta ,- Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Ankatan Laut SMK KAL-2 Surabaya merupakan sekolah vokasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya memaksimalkan lulusannya agar mampu terserap ke dunia usaha dan dunia Industri (DUDI). Untuk itulah Senin ,(30/01/23) dilaksanakan acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara SMK KAL-2 dengan PT Azure Samudera Karsa tentang kerjasama dibidang peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM) hasil didik SMK KAL-2 Surabaya dalam kesiapan bekerja setelah lulus sekolah, khususnya menjadi pekerja di sektor kemaritiman.

Ketua Umum Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani S.Sos., S.E., M.A.P dan Direktur PT. Azure Samudera Karsa Capt. Reza Ben Esqadani , M.Mar secara kongkrit telah mengadakan MoU yang pelaksanaan penandatanganan Piagam Kerja Sama dilaksanakan di kantor PT Azure Samudera Karsa Jln Raya Kelap Nias No.24C Pegangsaan Dua Kelapa Gading Jakarta Utara dihadapan Jajaran Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah dan Manajemen PT Azure Samudra Karsa. Dalam penandatangan Piagam kerjasama ini ditegaskan bahwa kerjasama meliputi diklat ketrampilan pelaut, diklat pemutakhian, diklat mandatory dan non mandatory serta pelayanan penunjang akademik.

“Perjanjian kerjasama ini sebagai wujud nyata dari komitmen Yayasan Hang Tuah untuk terus berupaya memperbaiki diri, agar dapat menciptakan satu sistem pendidikan yang terbaik bagi seluruh peserta didiknya” tutur Ketum YHT.

Lebih dari itu Kerjasama antara SMK KAL-2 dengan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) merupakan strategi pembelajaran dan bisnis yang dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak. Untuk itu praktik kerja industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh stiap peserta didik di dunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG).

Secara terapan, tujuan PSG adalah menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja. Dengan danya PSG dapat meningkatkan kualitas mutu dari lulusan pendidikan kejuruan adalah adanya penetapan kebijaksanaan Link And Match, dimana pihak sekolah khususnya pendidikan menengah kejuruan memungkinkan untuk bekerjasama dengan DUDI dalam membina dan mengembangkan potensi peserta didik di lapangan.

Sementara itu Direktur PT Azure Samudera Karsa Capt. Reza Ben Esqadani , M.Mar “Mengucapkan banyak terima kasih atas kepecayaan Yayasan Hang Tuah yang telah memberikan kesempatan untuk turut mendidik, menyumbangkan tenaga dan fikirannya untuk para pelaut-pelaut muda. Harapannya dengan adanya kerjasama ini para generasi pelaut muda akan lebih maju” pungkasnya.

Turut mendampingi Ketua umum Yayasan Hang Tuah saat penadatangan Piagam Kerjasama, Anggota Pembina Bidang Umum Pusat YHT Laksma (Purn) Dr. Ir. Trismadi, M.Si., Ipu, Anggota Pengawas Pusat Yayasan Hang Tuah Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabidik Pusat YHT Kol (Purn) Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP , Kasatdik SMK KAL-2 Surabaya Letkol (Purn) Hj. Qurratu Rahimah, S.E.

Seusai penandatangan piagam kerjasama , Ketum YHT, Direktur PT Azure Samudera Karsa , pengurus Inti PPYHT,Kapeng Cabang Surabaya Yayasan hang Tuah dan Kasatdik SMKKAL-2 berkeematan foto bersama dan di akhiri dengan pemberian cindermata.

Fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.