Pengendalian Inflasi, Pemprov Banten Ajak Pemerintah Desa Jaga Ketahanan Pangan

Spread the love

Jurnalline.com, Serang – Desa memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya pengendalian inflasi dan menjaga ketahanan pangan di wilayah perdesaan, sehingga diharapkan Kepala Desa untuk dapat terus melakukan inovasi-inovasi ke depannya.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten Virgojanti untuk menindaklanjuti arahan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia M Tito Karnavian secara virtual, di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Selasa, (24/01/2023),

“Kita harapkan para Kepala Desa aktif menggiatkan program ketahanan pangannya, sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam mengakses kebutuhanan pangan,” ujarnya.

Dikatakan, kreativitas dan inovasi Kepala Desa pun sangat berperan dalam upaya memperkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi.

“Inovasi dan kreativitas Kepala Desa dalam hal menjaga ketahanan pangan diwilayahnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya menjaga ketahanan pangan yang akhirnya hal ini secara langsung turut berkontribusi dalam upaya penurunan inflasi , sebagaimana arahan bapak Presiden RI , dimana kita di daerah secara bersinergi diminta untuk menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketahanan pangan, sehingga mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional ” demikian kata virgojanti

Masih menurut Virgojanti, untuk Bantuan Keuangan (Bankeu) Desa yang akan digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Banten kepada Pemerintah Desa tahun ini, tidak jauh berbeda peruntukannya dengan tahun sebelumnya. Namun draft juknis yg telah disusun akan kami bahas tetlebih dahulu dengan Apdesi dan PMD kabupaten. Beberapa kegiatan yg bisa didanai dari Bankeu desa Di antaranya untuk bidang kesehatan dalam pencegahan stunting serta peruntukan sarana dan prasarana pendukung.

“Untuk tahun 2023 bankeu provinsi Banten aksesnya masih ada yg sama yaitu utk bidang kesehatan kemudian infrastruktur, dan ada tambahan kegiatan lainnya namun nanti kita bahas dengan perwakilan Desa (APDESI) dan Dinas PMD kabupaten dulu, mudah2an bankeu ini dapat memotivasi kreativitas para kepala desanya, karena⁷ terkait pengembangan ekonomi desa itu pun bisa dilakukan,” jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan keberhasilan dalam mengendalikan inflasi di Provinsi Banten yang masuk 5 besar terendah Nasional, merupakan hasil kebersamaan, koordinasi dan gotong royong semua pihak.

“Kunci semua ini kolaborasi atau kerja bersama,” tegasnya.

Fram
Biro Adpim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE