Api Unggun Saka Wira Kartika Menerangi Makoramil04 Cengkareng

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kodim 0503/JB. Kegiatan Api Unggun adalah rangkaian kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Koramil04/CK Kodim 0503/JB. Nyalanya api unggun yang semakin berkobar menerangi Halaman Makoramil04/CK Kapuk Cengkareng, Jakarta Barat Minggu dini hari (26/02/2023).

Api Api, Api unggun sudah menyala ” begitulah kira kira syair lagu yang terdengar sayup-sayup di nyanyikan oleh adik adik peserta Saka Wira Kartika Koramil04/Cengkareng.

Babinsa Koramil04 Cengkareng Serma Andi Ryan memimpin acara Api Unggun dan dilanjutkan Jerit Malam yang dilaksanakan di Makoramil04 Cengkareng Kompleks dalam Renungan pada saat melaksanakan Upacara Api Unggun.

“Api unggun dalam Pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan di alam terbuka khususnya pada malam hari. Api unggun sebagai kegiatan di alam terbuka dapat mengembangkan aspek-aspek kejiwaan pada peserta didik, sehingga dapat jika dikatakan bahwa api unggun merupakan suatu alat pendidikan.

Sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam Dasa-darma Pramuka kesatu yakni “Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Nilai pada Dasadarma pertama jelas menggambarkan bahwa api unggun bukan sebagai alat untuk disembah oleh Pramuka. Akan tetapi di dalamnya terdapat berbagai macam nilai-nilai yang ditanamkan.”pungkasnya.

Fram
Pen04/CK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.