Wabup Robby Dondokambey Hadiri Acara Tulude Warisan Budaya Nusa Utara

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano, (Minahasa) – Bertempat di kompleks Aphitheater Gedung Benteng Moraya Tondano Kabupaten Minahasa, Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey, S.Si, MM menghadiri Upacara Adat Tulude (keluarga besar IKKIST) provinsi Sulawesi utara, Jumat (24/2/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey, S.Si MM menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya acara ini semua adalah kehendak Tuhan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa sangat menyambut baik kegiatan Adat Budaya Tulude ini, yang merupakan aset pemerintah provinsi Sulut. banyak masyarakat sangat respek dilaksanakannya kegiatan ini. Karenanya nanti akan dilaksanakan setiap tahunnya kegiatan yang
Berisi hal hal religius yang diwariskan kepada keluarga besar Nusa Utara lebih khusus wilayah Sulut untuk bersama sama membangun. ” ujar Wabup Robby Dondokambey.

Ditempat yang sama Ir
Jemmy Gagola Sumolang, S. Si, yang mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey,SE , memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak karena telah menggagas kegiatan konstruktif sarat dengan pelestarian budaya.

“Pada hakekatnya substansi upacara Tulude Nusa Utara yang dilaksanakan hari ini adalah
Warisan leluhur penuh makna yang sarat dengan nilai adalah harta tak ternilai dari Tuhan bagi masyarakat Bumi nyiur melambai khususnya warga Nusa Utara.” Ungkapnya

Semoga Acara Tulude yang digelar saat ini jika diaktualisasikan dalam konteks pembangunan dapat menjadi pendorong mewujudkan masyarakat maju dan berbudaya.
“Kegembiraan dalam melestarikan nilai nilai budaya adalah sebagai ungkapan syukur atas berkah dan Tuntunan Tuhan dan disyukuri. konstruktif dan bernilai positif yang menyatukan masyarakat Nusa Utara,” Tandasnya.

Melalui Gagasan dan sinergitas dalam acara Tulude ini marilah kita kemudian perlu memanfaatkan bukan hanya sebagai ungkapan syukur, namun juga menjadi wadah kebersamaan yang mampu mewujudkan visi dan misi sebagai implementasi rasa syukur yang dirasakan bersaman saat ini.

“Sebagai warga Nusa Utara mengajak terus menjalin sinergitas dan mendukung program pemerintah, mewujudkan pembangunan provinsi tahun 2023 dimana diarahkan pada daya saing dan infrastruktur berwawasan lingkungan. Marijo bakobong, Beternak, Mangael, terus bekerja dan kerja. Jangan ada potensi sumberdaya alam yang terbiarkan dan ini harus kita sukseskan bersama.” Ungkapnya.

Pada akhirnya Marilah kita bersama memiliki pengetahuan dan Teknologi, jaga sinergitas, mendukung agenda – agenda pemerintahan, berpikir cerdas, sebagaimana tema yang ada. cerdas berpikir dimana tempat kita berpijak.
“Menambahkan terus jaga Kebersamaan mengakselerasi pembangunan bangkit bersama menuju Sulut semakin hebat.” Kunci Ir Djemmy Gagola (mewakili Pemprov Sulut, kepala badan pengelolah perbatasan Sulut.)

Turut hadir putra kebanggaan Nusa Utara yang juga ketua DPRD provinsi Sulut Dr Fransiscus Andi Silangen sekaligus juga sebagai pengurus IKISST Sangihe Talaud dan Talaud, Asisten 1 Setdakab.Minahasa Drs Riviva Maringka, mewakili Dandim 1302/minahasa Kasdim 1302/Minahasa Vino Bastian, Kapolres Minahasa AKBP.Tommy B.Souissa, Ketua ketua adat IKKIST Nusa Utara Yohanes Pikat, MM. Bersama
Prov Dr Urbanis Pinaria, Sekaligus kebanggaan dibidang Akademis PR. 1 Universitas ternama di Sulut. Ketua Sinode Germis Bpk. Arnold Abast, M.Th. serta seluruh jajaran Pejabat Setdakab.Minahasa.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.