Bupati ROR Pimpin Launching DD dan Penyerahan Piagam Penghargaan Lencana Desa Mandiri Tahun 2023

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano (Minahasa) – Bertempat di Aula Benteng Moraya Tondano, Selasa (21/03/2023) siang.
Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi IPU Asean Eng, melaksanakan Launching dana desa (DD) dan bantuan langsung tunai (BLT) juga program ekosistem desa tahun 2023 kabupaten Minahasa

Dalam sambutannya Bupati Royke Roring menyampaikan apresiasi kepada KPPN Manado atas kepedulian, perhatian dan optimalisasi pelayanan yang cepat serta akurat. Dalam penyaluran DD dan DAK Fisik di Kabupaten Minahasa.

Bupati Roring memberi apresiasi kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan atas perhatian dan kepedulian terhadap pekerja rentan desa, melalui program ekosistem desa di227desa wilayah Kabupaten Minahasa.

“Adapun Penyerahan piagam penghargaan dan lencana bagi desa berpredikat “desa Mandiri”, Merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Desa dan Tertinggal juga kepada pemerintah daerah, kepada 102 desa dan hukum tua yang sudah berhasil membawa kemajuan bagi masyarakat di desanya.

Saya Bupati bersama Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey, SSI MM MAP menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemerintah desa yang telah menerima penghargaan hari ini.

“Kita Patut berbangga karena tahun 2023, telah mencapai 105 desa mandiri dari 227 desa dan hal pencapaian ini, adalah terbanyak se – Provinsi Sulawesi Utara.

Labih jauh dikatakan jika melihat ke belakang, pada tahun 2018 silam, kita belum memiliki desa berpredikat mandiri. Dan di tahun terakhir masa pengabdian saya ROR dan Wakil Bupati RD kabupaten Minahasa sudah bisa mencapai 105 desa yang berpredikat mandiri.

Bupati ROR pun berharap, penghargaan ini akan menjadi pemacu, baik bagi desa-desa penerima penghargaan maupun 122 desa lainnya yang masih berada di peringkat maju dan berkembang.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para hukum tua di 82 desa yang telah menuntaskan persyaratan penyaluran dana desa tahap satu termasuk BLT Dana desa, sehingga mulai disalurkan,” ucapnya.

Dikesempatan itu pula, Bupati Roring menegaskan kepada para hukum Kumtua agar segera melaksanakan program kegiatan baik Dana Desa sesuai APBDes, dan mengacu pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Termasuk pengalokasian dana untuk BLT desa dengan range 10% sampai dengan 25%. Ketahanan pangan nabati dan hewani minimal 20%. Dan operasional pemerintah desa maksimal 3% dari pagu dana desa,” pesan Bupati ROR

Kepada Para Hukum Tua Kami Ingatkan untuk memperhatikan batas penyaluran DD, agar tidak ada lagi desa yang mencairkan DD di masa injury time, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

“kepada para camat wajib mengawal dan mengawasi desa dalam melaksanakan program dan kegiatan APBDes, termasuk dalam penyusunan laporan dan pertanggungjawaban keuangan desa, agar dapat berjalan sesuai aturan dan tidak akan bersentuhan dengan masalah hukum,” tandasnya

Ia pun meminta kepada 145 desa yang sampai saat ini belum melengkapi persyaratan penyaluran DD, agar segera menuntaskannya di bulan Maret ini. “Tentunya harus dibawah pengawasan para camat, sehingga semua desa boleh bisa mencairkan Dana Desa, termasuk menyalurkan BLT kepada masyarakat dalam waktu dekat ini.” pungkasnya

Tak lupa Dirinya Roring memberi apresiasi kepada jajaran perangkat pemerintahan desa, yang telah menyelesaikan program kegiatan pembangunan fisik dan non fisik tahun anggaran 2022.

“Berharap, hasil-hasil pembangunan yang telah direalisasikan melalui dana APBDes, akan memberikan manfaat maksimal dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa,”

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs Arthur Palilingan saat menyampaikan laporan kegiatan yang berkaitan dengan launching DD, BLT, program ekosistem desa. Serta penyerahan piagam penghargaan dan lencana desa mandiri, juga peresmian hasil pembangunan desa tahun 2022 berharap kesemuanya terus mendukung program RRRD mewujudkan Minahasa Maju lebih baik.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.