Jelang Ramadhan Pemkot Tangerang Lakukan Sidak Ketahanan Pangan

Spread the love

Jurnalline.com,- Kota Tangerang Tim Gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), FKTS, Disperindagkop UKM bersama Polres Metro Tangerang Kota, BPOM Banten dan Balai Karantina Ikan menggelar Sidak Pengawasan Keamanan Pangan Terpadu, menjelang bulan suci Ramadhan, di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Kamis (16/3/23) pagi.

Kepala DKP, Kota Tangerang, Muhdorun mengungkapkan hari ini petugas gabungan mengambil 363 sampel pangan. Mulai dari peternakan, perikanan, pertanian, pangan olahan dan kemasan label. Hasilnya, kata Muhdorun dari 363 sampel pangan yang diambil, terhitung 96,69 persen pangan dinyatakan aman

“Sisanya, petugas gabungan menemukan 12 sampel positif. Terdiri dari empat pangan tercemar formalin seperti mie kuning dan tahu cokelat, tiga produk pangan segar tercemar pestisida, dan tiga produk kemasan kadaluarsa,” ungkap Muhdorun.

Ia pun menyatakan, Sidak Pengawasan Keamanan Pangan Terpadu ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat selaku konsumen pangan. Disamping itu, memberikan pesan pada pedagang untuk selalu menaati proses produksi, maupun penjualan produk pangan yang terbaik untuk para konsumen.

“Terkait produk yang ditemukan positif, petugas gabungan akan bertindak melakukan wawancara pedagang, sebagai langkah penelusuran datangnya atau asal muasalnya produk tersebut. Sehingga, dapat distop atau ditangani sesuai alurnya,” jelas Muhdorun.

Lanjutnya, mengingat permintaan konsumen meningkat di bulan Ramadan, DKP bersama petugas gabungan akan meningkatkan pengawasan pasar di Kota Tangerang. Disamping itu, masyarakat juga diimbau untuk lebih jeli dan berhati-hati dalam berbelanja produk pangan.

“Diluar pengawasan bulan Ramadan, DKP bersama tim gabungan juga menggelar pengawasan secara berkala. Pembinaan pedagang juga dilakukan, dalam hal ini semua pihak harus berperan. Pengawasan oleh pemerintah, pedagang yang lebih berkomitmen berjualan produk, dan konsumen lebih berhati-hati dalam berbelanja,” imbaunya.(bun)

( Penulis Trisno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.