Latihan Bersama Karnaval Multilateral Exercise Komodo Tahun 2023 Siap Di Gelar

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bertempat di Gedung Serbaguna (GOR) Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan mengikuti kegiatan paparan kesiapan dan Tactical Floor Game Latihan Bersama (Latma) 4th Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo tahun 2023 yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Senin (20/3). Latma MNE Komodo rencananya digelar pada bulan Juni 2023 di perairan selat Makassar dengan pertimbangan karena wilayah perairan yang berada di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi tersebut memiliki area yang luas dan cukup bagus untuk dijadikan simulasi latihan.

Latihan bersama multilateral Komodo ke-4 ini akan mengundang 49 peserta dari Angkatan Laut negara-negara sahabat dengan materi latihan nonwar-fighting. Kegiatan latihan yang digelar secara rutin oleh TNI AL ini merupakan implementasi dari tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam bidang diplomasi dan militer yaitu dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bersama dengan Angkatan Laut negara sahabat dalam aksi penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan, serta ancaman bersama aspek maritim. Salah satu tujuan yang hendak dicapai dari penyelenggaraan latihan bersama ini adalah untuk berbagi pengalaman dan menyiapkan kerangka kerja sama dalam menghadapi situasi krisis dalam bidang keamanan maritim.

Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo yang sebelumnya digelar di Batam, Padang dan Riau selain untuk meningkatkan hubungan kerja sama dan Navy Brotherhood juga menjadi bagian dari upaya Pemimpin TNI AL dalam membangunan sumber daya manusia TNI AL yang profesional dan unggul. Hal tersebut menjadi salah satu pokok penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Harian Kasal.

Fram
Dispen Kolinlamil

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.