Siapa Yang Menguasai Lautan Akan Menguasai Dunia

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bertempat di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam hal ini diwakili oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut Laksdya TNI Nurhidayat melepas Ekspedisi Jala Citra 3 – 2023 “Flores” dengan menggunakan KRI Spica-934 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair sekaligus Komandan Satuan Tugas. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan dan sejumlah pejabat utama Mabesal dan Pangkotama wilayah Jakarta.

Membacakan amanat Kasal, Komandan Pushidrosal menyampaikan bahwa sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, bangsa Indonesia memiliki potensi besar dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya laut. Pemilihan lokasi Ekspedisi Jala Citra 3 – 2023 di Laut Flores telah mempertimbangkan berbagai aspek antara lain bidang hidrografi, geologi, geofisika, geososial, meterologi dan oseanografi serta apek pertahanan dan keamanan. Ekspedisi ini akan menunjukkan peran dan kontribusi ilmu hidrografi untuk mewujudkan digital twin kondisi laut Indonesia, khususnya di Laut Flores yang selaras dan merupakan kembar identik antara kondisi laut sebenarnya dengan kondisi laut yang direkam dalam data kelautan Indonesia.

Ekspedisi Jala Citra 3 – 2023 dengan tema “Ungkap Fitur Lantai Samudera Serta Karakteristik Kolom Air Laut Flores Guna Keselamatan Pelayaran, Pertahanan dan Pembangunan Kelautan Berkelanjutan” akan dilaksanakan selama kurang lebih 60 hari dengan melibatkan para peneliti dari kementerian dan lembaga, akademisi dari Universitas maupun Institusi terkait. Hal tersebut menunjukkan sinergitas TNI AL dengan berbagai komponen bangsa dalam upaya menjaga keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem laut serta memastikan keamanan dan kepentingan nasional. Diharapkan dari kegiatan ekspedisi ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat maritim di perairan Flores dan sekitarnya dalam rangka mendukung kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas.

Fram
Dispen Kolinlamil

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.