Yani Tulangouw : Pasokan Bapok Kurang, Hargapun Ikut Merangkak Naik

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA — Sepekan saat memasuki bulan suci ramadhan 1444hijiriyah tahun 2022, ini juga dibarengi dengan meningkatnya harga bahan pokok dibeberapa pasar yang ada di wilayah kabupaten Minahasa.

Dari pantauan tim TPID bersama Disperindag kab.Minahasa, dan satgas Pangan adapun beberapa bahan pokok masyarakat yang merangkak naik diantaranya cabe rawit, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, beras dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya.

“Beberapa bahan pokok sejak sepekan yang mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Minahasa diantaranya cabe rawit yang saat ini mencapai 100ribu/kg diikuti dengan Bapok lain.” Ujar Ka.Pasar Langowan Yani Tulangouw kepada awak media Selasa, (28/3/2023) disela sela kesibukannya.

Cabe rawit saat ini harganya melejit disebabkan pasokan dari luar daerah seperti Boltim juga Gorontalo dibulan baru ini, kurang panen, karena pedagang yang beragama muslim sementara melaksanakan ibadah bulan puasa .

“Kemungkinan Harga Bapok lain jelang Hari Raya Idul Fitri 1444Hijiriyah dipastikan bakal naik jika kebutuhan pasokan berkurang, sehingga hargapun beranjak naik.” Ujar Tulangouw

Namun dirinya berharap meski. Seberapa jenis Bapok di Pasar Langowan naik, dirinya memastikan kebutuhan masyarakat masih terkendali jelang Hari Raya Idul Fitri.

Senada salah satu pedagang ibu Asna saat melayani penjual di komplek pasar Langowan, kepada wartawan mengatakan adapun
Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di tingkat pengecer/pedagang dalam sepekan terakhir diantaranya Minyak Goreng galon yang biasa harga jual 275 ribu /galon sekarang harga jual 380 ribu/galon.

Seiring dengan Bapok lain lanjut Asna, seperti Bawang merah yang harga jual 25ribu/kg, saat ini 30/kg. Sementara itu Bawang putih harga normal 30 ribu/kg sekarang suda di 40 ribu/kg dan kacang kacangan juga turut ikut naik.

“Dengan kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok pedagang kesulitan karena Harus membeli Bapok sudah tangan ketiga, makanya membuat harga naik dan tidak sebanding dengan stok yang tersedia.” Jelas asna

Berikut Bapok dipasar Langowan kab.Minahasa yang turut merangkak naik , yakni ; Beras sebelumnya diharga normal 600ribu /sak saat ini naik menjadi 750ribu/sak. minyak goreng
Pergalon harga normal di 275 per galon, saat ini naik menjadi 380ribu/galon
Dengan harga jual menjadi 20ribu perkg.
Untuk Daging Ayam harga masih normal 25 ribu/kg,
Telur Ayam 53ribu/baki dan Bapok lain seperti Daging sapi, Ikan masih normal.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.