Bupati ROR Apresiasi P3C-NMN dan KTNA Panen Cabai didesa Kopiwangker

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA — Hortikultura cabai telah menjadi sentra unggul dikabupaten Minahasa, dan telah mengambil peran dengan meminimalisasi impor cabai serta membuka peluang ekspor cabai organik.

Tentu Hal ini memberikan dampak positif bagi prospek hortikultura cabai bagi para petani diwilayah Langowan raya khususnya didesa Kopiwangker kecamatan Langowan Barat.

Jumat, (20/4/2023) Oleh
Perkumpulan Petani Pedagang Cabai Nusantara, (P3C-NMN) yang diketuai Ricky Lumingkewas S. Th, bersama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minahasa yang diketuai Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman MoU, disaksikan langsung Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, bertempat di Perkebunan Tumangkokow, Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Roring, M.Si mengajak kepada Petani untuk terus berkomitmen mengatasi masalah impor cabai, dengan memanfaatkan benih dari petani Lokal khususnya di Minahasa.

“Mari kita berkomitmen mengatasi masalah impor cabai, melalui program menanam cabai dengan memanfaatkan benih dari petani lokal yang ada, Agar nantinya kita mampu membuka peluang ekspor cabai, “ ujar ROR

Ditempat yang sama Ketua P3C-NMN Sulut Ricki Lumingkewas, mengatakan maksud penandatanganan nota kesepahaman ini sasarannya untuk membentuk Kabupaten Minahasa menjadi sentra cabai di Sulawesi Utara.

“Diawali dengan MoU, Petani dan Pedagang dapat bersama sama mengambil peran meminimalisir impor cabai, dengan menggunakan benih lokal yang dikembangkan petani holtikultura di Minahasa,” ungkapnya

Adapun kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit cabai dan penyerahan simbolis bibit cabai kepada petani dan organisasi kemasyarakatan, oleh
Ketua KTNA Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP, dan Bupati Minahasa.

Terpisah Hukum tua desa Kopiwangker, Vanda N.Emor memberi apresiasi kepada para petani dalam mendukung Marijo bakobong program Olly Steven juga program Pemkab Minahasa ROR RD.

“Dirinya berharap petani didesa Kopiwangker bisa terus memaksimalkan program dalam mendukung setiap program yang ada.” Tukasnya

Turut hadir pada kegiatan, diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Riviva Maringka, Asisten III Bidang Administrasi Umum Dr. Vicky C. H. Tanor, Kadis Kominfo Maya Kainde SH MAP, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo, Kabag Kerjasama Setdakab Minahasa Ir Ritha R. l Lapian, Ketua KTNA Langowan Barat Jekry Akob Tambariki, Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo MAP, bersama para hukum tua Yanga ada.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.