Dengan Pondok Ramadhan , SMK KAL-1 Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Siswa

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya selama 4 hari (10-14 April 2023) melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi siswa Kelas X yang di kawal langsung oleh guru Pendidikan Agama Islam serta beberapa guru pendamping lainnya.

Selama kegiatan Pondok Ramadhan SMK KAL-1 di ikuti oleh 233 siswa dari semua jurusan, Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL) , Teknik Audio Video ( TAV). Tema Pondok Ramadhan kali ini “ Dengan Bulan Ramadhan Kita Wujudkan Generasi Sekolah Yang Taat Beribadah dan Berprestasi”

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa di momentum bulan Ramadhan ini, saya mengajak dengan sungguh-sungguh agar siswa dapat memanfaatkan untuk memperbanyak ibadah dengan menambah sholat nya dari sholat lima waktu saja yang sudah merupakan kewajiban umat Muslim menjadi bertambah dengan Sholat taraweh dan sholat sunah yang lain, menambah waktu belajarnya, mengasah ketrampilan sesuai kompetensi keahlian yang sedang ditempuh di sekolah saat waktu yang longgar baik di sekolah ataupun di rumah, juga tidak lupa menambah aktivitas untuk berbakti kepada kedua orang tua. Di tambahkan oleh Kepsek bahwa dalam bulan Ramadan ini, janji Allah dalam Al Qur’an, Allah lipat gandakan amal dan ibadah kita.

Sementara itu Moch Choirul Umam S.Pd dan Muhammad Hamzah S.E yang kesehariannya selaku guru agama Islam, selama Pondok Ramadhan akan menyampaikan materi beberapa keutamaan bulan suci Ramadhan, Syarat wajib puasa dan hal-hal yang berkaitan dengan puasa. Setiap hari pondok Ramadhan di awali dengan sholat dhuha berjamaah, pembacaan surat Al Waqiah ( surat ke-56 ) yang bermakna Hari Kiamat, kemudian di lanjutkan dengan tadarus Aqur’an dengan surat yang lain dan di akhiri dengan penyampaian materi pokok.

Kegiatan Pondok Ramadhan SMK KAL-1, bertujuan untuk membina generasi muda, agar memiliki pengetahuan agama yang baik, sebab diakui oleh guru agama ini bahwa persoalan generasi muda saat ini semakin memprihatinkan. Kurangnya sopan santun, kepekaaan sosial dan lunturnya rasa persatauan dan kesatuan, sehingga perlu terus dilakukan adaptasi dengan kegiatan positif, seperti Pondok Ramadhan. Tema pondok ramadhan SMK KAL-1 “ Dengan Bulan Ramdhan Kita Wujudkan Generasi Sekolah YangTaat Beribadah dan Berprestasi”.

Fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.