Lantamal XI Peringati Nuzulul Qu’ran 1444 H/2023 M

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal XI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H / 2023 M bertempat di Masjid Al-Iman Mako Lantamal XI, Jalan Noari Kabupaten Merauke, Senin (10/04).

Nuzulul Qur’an adalah peringatan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW di malam 17 Ramadhan yang menandai awal kenabian. Nuzulul Qur’an juga ikut diperingati oleh keluarga besar Lantamal XI, dengan mengambil tema “Al-Quran Sebagai Pedoman Kunci Sukses Kehidupan Prajurit Lantamal XI dan Keluarga” yang diikuti segenap keluarga besar Mako Lantamal XI.

Dalam sambutannya, Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H mengatakan Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan istimewa yang didalamnya Al-qur’an pertama kalinya diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad S.A.W.

“Al-Qur’an sebagai tuntunan bagi umat islam merupakan sumber hukum sekaligus petunjuk bagi setiap muslim agar dapat mencapai nilai kebaikan dan kebenaran, oleh karena itu peringatan Nuzulul Qur’an sebagai salah satu kegiatan pembinaan mental rohani untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan Keluarga Besar Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI. Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1444 H/2023 M di MasjId Al Iman Lantamal XI ini hendaknya tidak hanya dijadikan sebagai suatu kegiatan yang bersifat seremonial, namun suasana kejiwaan yang terkandung dalam bulan suci ramadhan ini merupakan saat yang sangat tepat untuk mengadakan renungan, sejauh mana kandungan Al-Qur’an itu telah kita amalkan dalam kehidupan sehari – hari. khususnya dalam melaksanakan tugas – tugas sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dapat dilaksanakan dengan baik dan sempurna” Ungkap Danlantamal XI.

Selaku penceramah pada peringatan Nuzulul Qur’an, Ustadz Slamet Sugeng Sugondo, S. Fil.I,Mud., yang sehari-harinya menjabat sebagai Ketua komisi fatwa dan perundang-undangan MUI Kab. Merauke, yang dalam ceramahnya menyampaikan agar Keluarga besar Lantamal XI khususnya yang beraga Islam menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup yang merupakan kumpulan Firman Allah SWT sebagai petunjuk dalam menjalani hidup agar selamat di dunia dan Akhirat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Lantamal XI, Para Kasatker Lantamal XI, seluruh Militer PNS Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI serta Ketua Korcab XI Daerah Jalasenastri Armada III beserta Pengurus.

Fram
Dispen Lantamal XI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.