Farizal purba Anggota DPRD Lampung Selatan Sempatkan Besuk Warga Yang Terkena DBD

Spread the love

Jurnalline.com, LAMPUNG SELATAN– Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan Farizal Purba Sempatkan besuk warga Kecamatan Katibung yang sedang dirawat di puskesmas setempat, Pasalnya seorang wanita terkena wabah demam berdarah dengue (DBD), Jum’at ( 15 /4/ 2023.)

Untuk itu, Anggota Fraksi Partai Gerindra Lamsel ini menghimbau pada Unit pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) Rawat Inap Puskesmas Katibung agar melakukan tindakan cepat guna mengantisipasi merebahnya penyakit berbahaya tersebut.

Terutama dilingkungan yang kita anggap penting atau dilingkungan yang berpotensi adanya wabah DBD.

“Saya menghimbau Uptd Kesehatan Kecamatan Katibung untuk segera melakukan poging,”kata Farizal.

Selain itu, Farizal meminta pihak UPTD Kesehatan Katibung agar memberi himbauan atau berupa edukasi cara pencegahan penyebaran virus DBD ini.

“Yakni dengan cara memberi himbauan pada masyarakat tentang cara atau pola hidup sehat. Seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan,”ungkap Nya

“Intinya, Uptd Kesehatan Katibung agar sosialisasi kepada masyarakat Kecamatan Katibung tentang kebersihan lingkungan agar tidak ada sarang nyamuk dan DBD tersebut tidak menjangkit warga yang lain. Masyarakat diharapkan cukup berperan dalam hal ini,”imbuhnya.

Dikutip dari laman promkes.kemkes.go.id, kasus kasus demam berdarah terjadi karena perilaku hidup masyarakat yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan.

Ada pun upaya pencegahan penyebaran DBD dengan cara melakukan PSN 3M Plus. Adapun rincian nya, yakni menguras, membersihkan dan menutup tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang-barang bekas bernilai ekonomis yang berpotensi jadi tempat pengembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Tindakan Plus-nya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti berikut, Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
Menggunakan obat anti nyamuk. Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.

Gotong royong membersihkan lingkungan.
Periksa tempat-tempat penampungan air.
Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup.
Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras. Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar.
Menanam tanaman pengusir nyamuk.

Wabah DBD biasanya akan mulai meningkat saat pertengahan musim hujan, hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan. Tidak heran jika hampir setiap tahunnya, wabah DBD digolongkan dalam kejadian luar biasa (KLB).

Penulis : Rudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.