Pantau Kondisi Mental, Prajurit, Kolinlamil Laksanakan Tes Kesehatan Jiwa

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memantau kondisi mental prajurit, Dinas Kesehatan Kolinlamil melaksanakan uji pemeriksaan Kesehatan Jiwa (Keswa) bagi prajurit dan Pegawai Negeri Sipil jajaran Komando Lintas Laut Militer di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/4). Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepribadian psikopatologi prajurit dan PNS Kolinlamil dalam mengontrol perasaan yang berbeda secara umumnya, seperti perasaan cemas, emosi atau stres yang berlebihan.

Selain untuk mengetahui dan mengontrol kondisi kejiwaan prajurit TNI AL khususnya Kolinlamil, tes Keswa ini juga sebagai syarat bagi prajurit yang akan diusulkan untuk kenaikan pangkat maupun kelengkapan persyaratan mengikuti pendidikan lanjutan dan pengembangan. Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan melalui Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Syarif Mustika mengatakan, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari uji pemeriksaan kesehatan jiwa bagi prajurit dan PNS Kolinlamil, salah satunya sebagai sarana deteksi dini terhadap mental personel.

“Fisik bisa saja terlihat sehat, segar bugar namun belum tentu dengan jiwa atau mentalnya. Dengan tes Keswa kita dapat mengetahui kondisi kejiwaan masing masing prajurit yang sesungguhnya. Kesehatan jiwa sangat mendukung kemampuan dan kelancaran prajurit dalam mengemban tugas yang diembannya.” ujar Kadiskes Kolinlamil.

Lebih lanjut Kadiskes Kolinlamil menambahkan bahwa tes Keswa ini dilaksanakan secara berkala guna memastikan kondisi mental setiap prajurit tetap terjaga dengan baik. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya mewujudkan prajurit Kolinlamil yang unggul dan siap melaksanakan penugasan. Hal tersebut sejalan dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh jajaran TNI AL untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

Fram
Dispen Kolinlamil

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.