Siap Siap Kelurahan di Minahasa Siap Cair DAU APBN tahun2023

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano, (MINAHASA) — Melalui Kementerian keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) pemerintah mengalokasikan Dana Kelurahan untuk tahun2023 ini dengan besaran keseluruhan Rp 1,7 triliun. Diperuntukan kepada 8.506 kelurahan di seluruh Indonesia, dimana Dana Kelurahan tahun 2023 ini dialokasikan Kemenkeu melalui Dana Alokasi Umum (DAU) APBN tahun 2023.

Redesign DAU mulai TA 2023 untuk pola belanja yang lebih fokus, pengurangan ketimpangan fiskal antar-daerah, dan percepatan ekualisasi layanan publik antar-daerah melalui pengutamaan penggunaan DAU sesuai kinerja daerah.
Ketentuan penyaluran DAU berdasarkan UU No.33/2004, jumlah keseluruhan DAU ditetapkan sekurang–kurangnya 26% dari PDN Neto yang ditetapkan dalam APBN, pemerataan kemampuan keuangan membaik.

Terkait hal ini untuk Pemkab Minahasa provinsi Sulawesi Utara sendiri juga siap menyalurkan DAU untuk 43 kelurahan dikabupaten Minahasa dengan total 8,6Miliar rupiah.

Kaban BPKAD Minahasa Joice Pua, SE melalui Sekban Frenklin Rumbayan, Senin (03/04/2023) kepada media jurnalline.com diruang kerjanya menyampaikan
menyangkut dengan pencairan secepatnya segera direalisasikan.

“Sesuai dengan ketentuan dan teknis yang harus dilengkapi oleh pihak kelurahan segera dimasukan. siapa lengkap tentu akan cair duluan, ini sebagai
upaya arah pemanfaatan Dana Kelurahan di tahun 2023.
.”tandas Sekban Frenklin Rumbajan

Dirinya menambahkan Untuk Kabupaten Minahasa memiliki 43 kelurahan
Harus melengkapi persyaratannya secepatnya harus melengkapi persyaratan yang diminta. sebab dana sudah ada rekening DPKAD kab.minahasa.

Sebelumnya Direktur Dana Transfer Umum Kemenkeu RI, Adrianto menyampaikan jika total Dana Kelurahan tahun 2023, berjumlah Rp 1,7 triliun. Dana Kelurahan yang dialokasikan melalui DAU ini, nantinya akan diberikan kepada seluruh pemerintah kelurahan di Indonesia yang berjumlah 8.506 kelurahan.

“Dana Kelurahan Tahun 2023 bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan. Manfaatnya akan sangat dirasakan oleh masyarakat
Tidak hanya untuk kepentingan sarana dan prasarana di kelurahan saja, Dana Kelurahan tahun 2023 menurut juga bisa direalisasikan untuk kepentingan pemberdayaan ekonomi yang manfaatnya, bisa sangat dirasakan masyarakat.” Tandasnya

(IskandarEffendy)w

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.