Danlantamal XI Merauke Ikuti Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak di Pantai Lampu Satu

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Lantamal XI, 16 Mei 2023. Komandan Pangkalan utama TNI AL (Danlantamal) XI Merauke mengikuti penanaman mangrove Nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia tahun 2023. Penanaman secara serentak di 37 Provinsi di 370 lokasi penanaman. Wilayah Papua Selatan dilaksanakan di Desa Pantai Lampu Satu Kabupaten Merauke, Senin (15/05).

Dengan semboyan “Mangrove For Better Life”, Penanaman mangrove dilaksanakan serentak dan berpusat di Dermaga Bambu Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara. Dihadiri langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Panglima TNI, Kapolri, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para Kepala Staf Angkatan, relawan, serta perwakilan masyarakat dan pelajar.

Penanaman Mangrove di Pantai Lampu satu Kab. Merauke dipimpin oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M., yang sedang melaksankan kunjngan kerja di Lanud J.A Dimara dan diikuti Personil TNI dan undangan diantaranya dari Polri, Dinas pariwisata Kabupaten Merauke, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, UNDP Merauke, PSDKP Merauke, Saka Bahari, Saka Dirgantara , Lurah Samkai, LMA Imbuti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Masyarakat Lampu Satu.

Pangkoopsud III dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilaksanakan di daerah pantai lampu satu yang merupakan salah satu tempat wisata pantai yang berada di wilayah kabupaten Merauke, Papua Selatan yang dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata pantai yang hijau, selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelestarian alam dan ketersediaan Pohon Mangrove di pesisir Pantai yang ada di wilayah Provinsi Papua Selatan,” ungkap Pangkoopsud III.

Untuk itu, pada momen yang baik ini, melalui kegiatan Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh Jajaran TNI Di Seluruh Indonesia, TNI bersama masyarakat dan komponen bangsa lainnya, bertekad menjaga kelestarian daerah pantai, diantaranya adalah dengan melaksanakan penanaman Mangrove di pantai Lampu satu Merauke ini,” pungkas Pangkoopsau III.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove secara serentak oleh Pangkoopsud III diikuti oleh seluruh pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Plt. Asisten Sekda Prov. Papua Selatan Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Prov. Papua Selatan Drs. Agustinus Joko Guritno, M.Si., Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wiliem Rizard Pelamonia, Wadan Lantamal XI, Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, S.E., M.M., Aspotdirga Kaskoopsud III Kolonel Kal Andi Muharram, S.Sos., Danlanud J. A Dimara, Kolonel Pnb Onesemus Gede Rai Aryadi, S.E., M.Han., Lo Polda Papua Selatan Kombes Pol Dr. Bedjo, PJU Danlantamal XI, Dandim 1707/Merauke, Letkol Inf Bayu Kriswandito, S. Hub., Int., Dansatrad 244/Merauke Letkol Lek Senop Amos Sulle, Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan, S.I.K., Ka. Dinas Kadis Lingkungan Kehutanan dan Pertanahan Prov. Papua Selatan, Jujuk, S.E., Ka. Balai Taman Nasional Wasur Merauke, Yarman, S.Hut., M.si., Ka. Bidang Wilayah I BBKSDA Papua, Agung, S.Hut., M.si., Ka. Koordinator Satwas PSDKP Merauke, Simon Petrus.

Fram
(Dispen Lantamal XI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.