HIV/AIDS Penyakit Mematikan, Sosialisasi Penyakit Menular Seksual

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Tim Kesehatan Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad. menyosialisasikan terkait bahaya HIV/AIDS kepada para prajurit dan Persit Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad yang dipimpin Pasibek Brigif Raider 9 Kostrad, Kapten Inf Sujito. Pada kesempatan tersebut sebagai narasumber, dr.Mekania Tamarizki, Selaku Dokter umum Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad, bertempat di Aula Soedirman Brigif Raider 9/DY/2 Kostrad. Rabu (17/05/23).

dr.Mekania Tamarizki, sebagai narasumber menjelaskan HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang kemudian menimbulkan AIDS. HIV menyerang salah satu jenis dari sel-sel darah putih yang bertugas menangkal infeksi. Sel darah putih tersebut termasuk T-4 atau sel T-Helper atau disebut juga sel CD-4. HIV tergolong dalam kelompok retrovirus yaitu kelompok virus yang mempunyai kemampuan untuk mengkopi cetak genetik di dalam materi genetik sel-sel yang ditumpanginya.

Melalui proses ini, HIV dapat mematikan sel-sel CD-4. Sedangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh HIV

Lebih jauh dr.Mekania Tamarizki, menjelaskan bahwa HIV-AIDS merupakan virus yang dapat ditularkan, melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi HIV tanpa memakai pengaman/pelindung (kondom), melalui tranfusi darah atau alat-alat yang telah terpapar HIV dan melalui ibu yang terinfeksi HIV kepada janin yang dikandungnya pada saat persalinan atau kepada bayi yang disusuinya.

Fram
(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.