Jalin Kerja Sama Pertahanan Bilateral Indonesia-Australia, Kunjungan Jenderal Susan Coyle Comander Forces Command ke Markas Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Syafrial, P.S.C., M.Tr.(Han). mewakili Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan Courtesy Call bersama Mayor Jenderal Susan May Coyle, Commander Forces Command di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Jumat (19/5/2023).

Dalam kegiatan ini, Kaskostrad didampingi yang didampingi Asisten Intelijen Kaskostrad Brigjen TNI Imam Sampurno, Waasops Kaskostrad, Waaster Kaskostrad dan Wadan Denma Kostrad.

Kegiatan diawali dengan penyambutan oleh disambut Asisten Intelijen Kaskostrad, menerima hormat jajar dari Regu Jaga, melaksanakan foto bersama, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.

Dalam sambutannya, Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Syafrial, P.S.C., M.Tr.(Han). membacakan sambutan Pangkostrad, dimana beliau menyampaikan permohonan maaf dari Pangkostrad tidak dapat hadir dikarenakan ada sesuatu hal kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan.

Pangkostrad mengatakan jika ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kita, khususnya bagi satuan Kostrad untuk mengadakan acara pertemuan ini dengan Commander Forces Command, Mayor Jenderal Susan May Coyle.

Pangkostrad menjelaskan bahwa Kostrad memiliki tiga Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Depok, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, Malang dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto, Makassar. Selain selalu siap untuk melaksanakan tugas kapan pun dan dimana pun, Kostrad juga aktif menjalin hubungan bilateral dengan melaksanakan latihan bersama dan kerjasama militer dengan berbagai negara Asean maupun non ASEAN.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja dalam tugas operasi militer perang, kita juga berpartisipasi dalam tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Seperti halnya saat ini kita ikut berperan serta dalam upaya membantu program pemerintah dalam mengatasi krisis air bersih, hal ini sejalan dengan program dari TNI Angkatan Darat yaitu “TNI Manunggal Air,” kata Pangkostrad.

“Kostrad banyak membantu masyarakat di Homebase maupun daerah operasi mendapatkan akses air bersih dengan membuat pompa-pompa hidrolik yang menggunakan metode dengan menyalurkan air bersih yaitu melalui memanfaatkan air gravitasi tanpa menggunakan listrik maupun dengan memanfaatkan teknologi sumur bor,” ujar Pangkostrad.

“Kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu kesulitan dari masyarakat ini tidak hanya dilaksanakan di homebase saja tetapi juga di daerah penugasan operasi di wilayah Papua. Selain dengan operasi tempur, dalam upaya untuk mencapai keberhasilan tugas juga dilaksanakan dengan pendekatan kesejahteraan, pendekatan ekonomi, pendekatan agama maupun pendekatan sosial budaya dalam rangka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat,” tambah Pangkostrad.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad menjelaskan kerjasama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Australia selama ini merupakan wujud bukti semakin menguatnya hubungan antara kedua negara. Kegiatan kerjasama diharapkan kerjasama antara TNI AD dengan AD Australia akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan kerjasama militer dan profesionalisme prajurit TNI AD dengan AD Australia.

Sementara itu, Mayor Jenderal Susan May Coyle mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pejabat Kostrad.

Setelah Courtessy Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata.

Fram
(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.