Sekda Watania Ajak OPD Wujudkan Komitmen Strategi Nasional Penanganan Stunting

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr Lynda Watania, memimpin rapat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penurunan stunting bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kamis (25/05/2023).

Sekda Lynda Watania menyampaikan Ini sebagai wujud komitmen sesuai dengan strategi nasional dalam penanggulangan stunting telah ditetapkan 5 (lima) pilar pencegahan stunting yaitu komitmen dan visi kepemimpinan, kampanye nasional dan komunikasi perilaku ,konvergensi koordinasi dan konsolidasi pusat dan daerah dan desa, ketahanan pangan dan gizi, pemantauan dan evaluasi.

Menurut Sekda lynda ada dua aksi yang dilaksanakan pada program percepatan penurunan stunting yaitu aksi 1 identifikasi sebaran stunting (analisis situasi) ketersediaan program, dan kendala pelaksanaan intergrasi intervensi gizi dan aksi 2 menyusun rencana kegiatan (program/kegiatan) untuk meningkatkan pelaksanaan intergrasi intervensi gizi.

“Menurutnya hendaknya OPD sinkronisasi dengan program-program yang ada di setiap Perangkat Daerah yang terlibat dalam percepatan penurunan stunting di dan memiliki komitmen bersama terutama tim yang di bentuk yaitu Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Minahasa.”

Akan hal ini saya meminta intervensi stunting tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, tetapi dilaksanakan secara bersama-sama karena tingkat keberhasilan program ini sangat mempengaruhi sektor non kesehatan dalam hal ini juga perubahan perilaku masyarakat.

Sekda berharap bersama stakeholder untuk melakukan inovasi-inovasi agar upaya pemenuhan gizi masyarakat terutama bagi mereka yang rentan stunting seperti Ibu hamil, anak balita dan gizi bisa terpenuhi. Dan untuk sistem pelaporan dari Perangkat Daerah.
” Saya berharap supaya demi kelancaran pekerjaan percepatan penurunan stunting dilaksanakan melalui kerjasama ,” tandasnya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.