Tidak Melewatkan Kesempatan Langka, Pelajar SMA Berwisata Dan Belajar Di Kapal Perang Kolinlamil

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Wisata edukasi “warship tour” yang dicanangkan oleh Komando Lintas Laut Militer dalam program kerja Staf Potensi Maritim Kolinlamil sebagai wahana untuk publikasi alusista TNI Angkatan Laut menjadi daya tarik sendiri bagi pelajar sekolah dari SMA Al Muslim Bekasi guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai kemaritiman dan keangkatanlautan. Mereka berkunjung ke KRI Banda Aceh-593 yang saat ini tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, guna mendapatkan jawaban berbagai pertanyaan terkait kapal perang, Rabu (10/5).

Kunjungan edukasi SMA AL Muslim ke KRI BAC-593 didampingi langsung oleh Kepala Sekolahnya, Dra. Reni Nuhidayati yang juga mengajak sejumlah guru pendamping. Bagi pelajar dan para guru, kesempatan naik kapal perang merupakan pengalaman perdana dan hal tersebut dapat menjadi obat penawar rasa penasaran yang selama ini mereka rasakan tentang situasi, kondisi dan informasi tentang kapal perang atau KRI. Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo menyampaikan bahwa Staf Potensi Maritim Kolinlamil sebagai leading sector kegiatan wisata edukasi memberikan kesempatan kepada seluruh instansi atau lembaga pendidikan untuk mengetahui lebih dekat tentang unsur-unsur KRI yang menjadi alutsista Kolinlamil. Kolonel Teguh juga mengutarakan, wisata edukasi “warship tour” akan memberikan pengalaman tersendiri mengingat kesempatan tersebut tidak mudah untuk didapatkan.

“Sesuai arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan, Kolinlamil memfasilitasi para pelajar sekolah untuk bisa meng-explore unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil untuk memberikan bekal pengetahuan tentang TNI AL kepada para pelajar. Tentunya dengan mekanisme atau prosedur yang telah ditetapkan. Dari mengenal lebih dekat tentang KRI dan prajurit pengawaknya diharapkan mereka juga akan tertarik untuk bergabung menjadi prajurit AL.” tandas Aspotmar Kolinlamil.

Baik pelajar maupun guru pendamping tampak antusias setelah melihat dari dekat fasilitas dan teknologi yang ada di KRI Banda Aceh-593 ditambah dengan keramahan para prajurit KRI Banda Aceh-593 yang memandu selama berkeliling kapal sehingga ilmu yang diberikan kepada para pelajar dapat mudah dipahami. Ini adalah pengalaman pertama mereka naik kapal perang sehingga kesempatan tersebut dimaksimalkan dengan menimba pengetahuan tentang keangkatanlautan dan tidak ketinggalan untuk mengabadikan moment tersebut dengan berfoto di spot-spot yang memberikan kesan tersendiri.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam suatu kesempatan menyampaikan instruksinya agar satuan-satuan TNI AL dan prajurit TNI AL dimanapun berada dan bertugas untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dan, mampu menunjukkan amanat yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia untuk mengawaki alutsista TNI AL dengan kerja nyata dan memberikan manfaat.

Fram

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.