50 Tamu Ambalan Perkuat Gudep. 17.009-17.010 SMK KAL -1 Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Surbaya – Gugus Depan 17.009-17.010 SMK KAL-1 Surabaya hingga kini sudah berumur 40 tahun, dimana berdiri sejak 18 Desember 1983. Kala itu nama sekolah belum menjadi SMK KAL-1 namun masih STMC AL, sebuah sebutan sekolah kejuruan yang ternama di kota Surabaya, memiliki tingkat kedesiplinan yang tinggi dalam kesehariannya .

Pembekalan Gudep 17.009-17.010 Pangkalan SMK KAL-1 diikuti oleh 50 siswa kelas X berlangsung ( 16-17 Juni 2023 ) merupakan perwakilan dari tiap-tiap kelas dari semua jurusan yang ada di SMK KAL-1( jurusan Teknik Pemesinan/TPM, Teknik Kendaraan Ringan /TKR, Teknik Instalasi Tenaga Listrik/ TITL, Teknik Audio Video/ TAV dan Teknik Logistik/ Teklog).

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd dalam sambutan awal pembukaan menyampaikan bahwa ` dalam kegiatan PTA (Penerimaan Tamu Ambalan), para peserta diharapkan bisa mengembalikan kedigdayaan Pramuka Yos Sudarso SMK KAL-1 , Pramuka SMK KAL-1 pernah menjuarai di ajang beberapa pertandingan lomba tingkat Jatim, untuk itu melalui kegiatan 2 hari 1 malam itu bisa membekali untuk kembalinya Pramuka SMK KAL-1.

Lebih jauh Kasatdik SMK KAL-1 yang juga sebagai KAMABIGUS (sebutan di Pramuka ) ini menuturkan bahwa Dasa Dharma Pramuka merupakan acuan dasar untuk dilaksanakan dalam kegiatan siswa belajar dalam berfikir, berbicara dan bersikap sehingga diharapkan melalui Pramuka yang menjadi ektrakrikuler wajib dalam Permendikbud dapat membentuk katakter positif dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila.

Ditambahkan oleh Kamabigus, bahwa anggota pramuka yang tergabung dalam Gudep di SMK KAL-1 memiliki banyak kesempatan untuk belajar menjadi calon pemimpin di masa mendatang. Karena di dalam kepramukaan terdapat proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Pembina Gudep 17.009-17.010 Dina Chrismayanti, S.Pd dan Ahmad Fauzi, S.T yang aktif menyampaikan materi selama 2 hari 1 malam sebagai bekal kedepan meliputi : Pramuka Penegak, Pramuka di SMK KAL-1, Pembuatan Proposal Kegiatan, Dasar Survival Sarat, Dinamika kelompok serta kegiatan religi, bagi yang muslim selalu shalat berjamah, sholat dhuha serta diadakannya sholat malam / shalat Tahajud sehingga diharapkan akan menjadi Pramuka yang taat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir dalam Penerimaan Tamu Ambalan sejumlah Senior/ alumni SMK KAL-1 : Kak Karno Setua Budi, S.Pd. M.Pd. M.M, Kak Budi Damianto ST lulusan th. 1992, Kak Deny th. 1994, Kak Agus Saputra th. 2010, Kak Kris Sugiantoro th. 2010, Kak Agung Bagus th. 2015, Kak Rozi th. 2017 dan Kak Julia th. 2021 yang kesemuanya terlibat langsung dalam Pembekalan para yuniornya

(Fram/yht/dar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.