Atasi Merebaknya Kenakalan Remaja, Polres Tanjung Perak Surabaya Sasar Siswa SMKKAL-1

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Untuk menekan kecenderungan meningkatnya kenakalan remaja yang mengarah kepada tindakan kriminalitas, Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd mengundang Perwira dan Bintara Polisi dari Kepolisian Tanjung Perak Surabaya (15/06/23) dalam rangka memberikan pencerahan kepada siswa SMK KAL-1 agar tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja tersebut.

AKP Herri Iswanto beserta Briptu Nabila dan Brida Rama di tengah-tengah 321 siswa kelas X dan kelas XI SMK KAL-1 dengan gaya yang humanis menyampikan beberapa materi antara lain Bahaya Geng Motor, Bahaya Tawuran dan Persiapan / Tatacara masuk menjadi Anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Menurut AKP Herry pengertian tawuran adala sikap negatif yang di picu dari permasalahan kelompok, dengan perilaku yang agresif sehingga mengganggu ketertiban dan keamanan di lingkungan kita. Adapun faktor yang melalui proses internalisasi diri yang keliru oleh remaja pada umumnya dalam menanggapi lingkungan dan pengaruh dari luar, ini akibat dari ketidakmampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kondisi semacam ini di akibatkan adanya beberapa faktor, faktor keluarga ( kondisi keluarga), perlindungan yang berlebihan dari orang tua dan tingkah laku kedua orang tua. Ada juga karena faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan tempat tinggal.

Sebagai solusinya, Pama Polisi ini memberikan beberapa tip yang di kutip dari Kartini Kartono : Bahwa siswa SMK KAL-1 agar tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja maka siswa harus pandai mawas diri, melihat kelemahan dan kekurangan sendiri, melakukan koreksi terhadap kekeliruan yang sifatnya tidak mendidik dan tidak menuntun, beremansipasi dengan cara yang baik dan sehat, bergiat dalam pendidikan yang relevan dengann kebutuhan pada zamannya serta berkaitan dengan pengembangan bakat dan potensi remaja.

Yang menarik dalam pertemuan ini, Polres Tanjung Perak Surabaya membawa beberapa Taruna Akpol dalam rangka menarik siswa SMK KAL-1 kiranya setelah lulus bisa tertarik untuk bergabung menjadi Anggota Kepolisian Republik Indonesia, hal ini tidak menutup kemungkinan karena para seniornya lulusan SMK KAL-1 mampu menjadi anggota TNI dan Polri, bahkan saat ini ada anggota Kepolisan lulusan dari SMK KAL-1 yang bertugas di Kepolisian Tanjung Perak dan turut hadir di SMK KAL-1 sebagai almamaternya.

(Fram/yht/dar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.