Awasi Jalur Lintas Kapal di Samudera Pasifik, TNI Angkatan Laut Dirikan Lanal Baru di Sarmi, Papua

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Pangkalan TNI Angkatan Laut/ Lanal Sarmi, Papua diresmikan secara langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, dimana Lanal Sarmi merupakan peningkatan kekuatan dari satuan sebelumnya yang merupakan Pos Angkatan Laut (Posal). Rabu (21/06/2023).

Peresmian Lanal baru ini dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan Komandan Lanal Sarmi yaitu Mayor Laut (E) Michel Ansanay yang dilaksanakan di lapangan Mako Lanal Sarmi, Kampung Ebram, Distrik Muara Tor, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, dimana pada upacara tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Mako Lanal Sarmi oleh Pangkoarmada III dan Pj. Bupati Sarmi Markus O. Mansembra, SH., MM. yang didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, serta pengguntingan pita oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Insani R Jayadi.

Dikatakan Pangkoarmada III dalam sambutannya, bahwa posisi perairan dan wilayah laut Sarmi sangat strategis, karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, dan sering dijadikan jalur lintas kapal, baik dari luar maupun lokal yang keluar masuk wilayah laut Sarmi, serta terdapat kegiatan illegal, seperti illegal logging, illegal fishing, pencurian hasil kekayaan laut dan sumber daya alam lainnya, sehingga perlu pengawasan lebih ketat dari TNI Angkatan Laut dalam rangka memperkuat pertahanan laut di wilayah Indonesia Timur.

Selain itu wilayah Kabupaten Sarmi merupakan daerah yang potensial dilihat dari sektor perikanan maupun sumber daya kelautannya, yang membuat tingkat kerawanan pencurian dan ancaman keamanan di laut cukup tinggi dan hal ini yang mendorong pemerintah dan masyarakat setempat, untuk menginginkan adanya keberadaan TNI Angkatan Laut di wilayah Kabupaten Sarmi, sehingga peningkatan Posal menjadi Lanal menjadi sangat penting.

Lebih jauh Pangkoarmada III mengatakan peningkatan Posal menjadi Lanal, tertuang dalam Perkasal No 05 Tahun 2021 tanggal 19 Februari Tahun 2021 tentang Perubahan Posal Sarmi menjadi Lanal Tipe D, dan Lanal Sarmi merupakan pangkalan yang berada di bawah kendali Lantamal X Jayapura.

Diakhir pelaksanaan peresmian Lanal Sarmi dimeriahkan atraksi dan demonstrasi Para Motor TNI-Polri dan pecinta olahraga Dirgantara, dan tidak kalah memukau adalah Kolone Senapan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura Pasmar 3 dan Tarian Adat yang dibawakan Gabungan Prajurit Lantamal X serta pelaksanaan Bakti Sosial berupa penyerahan bahan kontak kepada Masyarakat setempat oleh Pangkoarmada III.

Turut hadir pada acara peresmian Lanal Sarmi yaitu Forkopimda Kabupaten Sarmi, Asops, Asintel dan Aspotmar Pangkoarmada III, Pejabat Utama Danlantamal X, serta Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ketua Korcab X DJA III dan Pengurus Korcab X DJA III.

Fram

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.