Danpuspenerbal Ikuti Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia Tahun 2023

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL, Puspenerbal – Melalui jaringan zoom meeting, Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) Laksda TNI Imam Musani, S.E., M. Si., M.Tr.Opsla. mengikuti Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia tahun 2023 di Rupat Mako Puspenerbal, Juanda, Sidoarjo, Rabu (21/6).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang dilaksanakan secara terpusat di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta.

Pada Seminar Hari Hidrografi Dunia tahun 2023 yang mengusung tema “Hydrography Underpinning The Digital Twin of The Ocean” ini, menghadirkan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri sebagai narasumber.
Ketua Dewan Pengarah BRIN menyebut kerja sama pihaknya dengan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) TNI AL bisa berimbas positif ke sisi kelautan Indonesia.

Menurutnya, Pushidrosal sudah mampu memetakan apa yang disebut laut dalam di Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III.

“Kerja sama antara BRIN dan Pushidrosal menjadi bukti. Pushidrosal telah berhasil memetakan Laut Dalam Indonesia melalui ekspedisi Jala Citra I, II, dan III. Hasil ekspedisi Jala Citra tersebut telah membawa Pushidrosal ke panggung dunia dengan diterimanya sebagai Anggota Tetap Hidro Oseanografi Dunia di bawah UNESCO,” kata dia.
Megawati mengatakan, berbagai temuan data dan informasi laut hasil kerja sama Pushidrosal bersama BRIN nantinya bisa dimanfaatkan bagi pengembangan kegiatan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.