Di Dampingi Bupati OI,Gubernur Sumsel Membuka Jambore Pemuda Daerah 2023

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru di dampingi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar membuka secara resmi Jambore Pemuda Daerah Sumsel 2023 di Lapangan Tanjung Senai, Indralaya, Ogan Ilir.
Jambore Pemuda Daerah Sumatera Selatan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 Juni 2023 dengan tema “Membangun Harmoni Menuju Pemuda Sumsel Maju Untuk Semua.”

Sebanyak 425 pemuda-pemudi dari 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan, ambil bagian dalam jambore ini.

Mengingat pada dua dekade mendatang, sebanyak 40 juta pemuda di Indonesia diperkirakan akan memasuki usia produktif.

“Kita harus persiapkan mereka (para pemuda), harus canggih IT, punya jiwa berani dalam berkompetisi dan tidak lupa akar budaya,” terang Herman Deru.

Gubernur Herman Deru mengatakan, tujuan jambore ini untuk menyatukan seluruh pemuda-pemudi yang ada di Sumatera Selatan.

“Yang kita gelorakan adalah spirit kepemudaan karena dua dekade lagi kita akan mendapatkan bonus demografi,” kata Deru usai membuka jambore, Jum’at (16/6). “

Orang nomor satu di Sumatera Selatan memberikan motivasi, bahwa meskipun banyak pemuda berasal dari daerah, harus memiliki semangat tempur dan berani menghadapi kompetisi.

Selain peserta dari kalangan pemuda, jambore pemuda daerah ini menghadirkan dewan juri dari Kesenian Saerah, pelaku sastra, perhimpunan masyarakat kebugaran, pelaku musik, Dinas Pariwisata dan Olahraga.

Adapun jadwal kegiatan jambore diantaranya pentas Seni Budaya, Stand Pameran, lomba Senam Poco-poco, parade devile, Olahraga tradisional bakiak, Tarik Tambang, dan layang-layang aduan.

Selain lomba yang sudah ada, Deru juga meminta panitia menyertakan lomba E-Sports.

Bagi pemenang lomba E-Sports akan mendapatkan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

“Hadiah sepeda motornya nanti dari saya,” kata Deru disambut riuh peserta jambore.

(Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.