Giat 9 Dit Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri di Polres Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Tondano (Minahasa) – Bertempat di Ruang Maesa Polres Minahasa dilaksanakan kegiatan Bintek Destinasi Wisata Program Perioritas Nasional Giat 9 oleh Tim Dit Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri pada Rabu (0706/2023) Jam 14.30 Wita,

Disambut Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana, SIK, SH, MM, pada kegiatan Kunjungan Tim Bintek Destinasi Wisata Program Perioritas Nasional Giat 9 Dit Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri.

Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana pada kesampatan menyampaikan selamat datang kepada Tim Bintek yang boleh berkunjung di Polres Minahasa.

“Adapun Program pemerintah Kabupaten Minahasa, di mana Kabupaten Minahasa menjadi salah satu Destinasi Wisata Indonesia., Karenanya Memohon arahan dan masukkan oleh Tim yang ada dalam Pelaksanaan Tugas tersebut.” Ujar Kapolres K Suryana

Adapun Tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan ;

  1. Tujuan kegiatan Bintek Destinasi Wisata Program Perioritas Nasional dengan sasaran wilayah Likupang.
  2. Kab. Minahasa di jadikan lokasi kunjungan oleh Tim, karena merupakan daerah penunjang Wisata Nasional.
  3. Personil Pam Obvit yang termasuk dalam Sat Samapta merupakan Satuan yang melaksanakan Tugas Pencegahan Preemtif dan Preventif dalam pelaksanaan Tugas.
  4. Siapkan perlengkapan Pakaian Dinas khusus Polisi Pariwisata.
  5. Saat ini di Indonesia banyak dikembangkan lokasi-lokasi Wisata yang baru, karena di tunjang oleh Budaya, Religi, kondisi Alam yang Indah, banyaknya lokasi Wisata buatan, masyarakat yang kreatif untuk membuat Desa Wisata dan hal ini perlu di Amankan dengan kehadiran Personil Polri khususnya yang bertugas di bagian Pariwisata.
  6. Seluruh Program Pariwisata antaranya banyak pengunjung yang akan berkunjung jika daerah Wisata yang ada dalam kondisi Aman dan Kondusif sehingga pengunjung yang ada akan merasa aman dan nyaman.
  7. Untuk itu menjadi Tugas kita untuk menimbulkan suasana yang aman dan kondusif, mencegah orang untuk melakukan kejahatan, untuk itu kita harus Profesional dalam melaksanakan Tugas, harus tahu Karakteristik Daerah yang ada, harus tahu ancaman yang ada, dan bisa mencari solusi dalam mencegah terjadinya ancaman yang ada.
  8. Masing-masing Personil harus mempersiapkan diri dalam melaksanakan tugas dengan mengikuti Pendidikan, belajar dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada dan bisa menguasai Teknologi yang ada.
  9. Lakukan Koordinasi dengan pihak-pihak terkait misalkan Dishub, Dinkes, dan pihak lainnya sehingga pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.
  10. Dalam melakukan kegiatan Pengamanan harus menyiapkan segala perlengkapan sarana prasaran pendukung dalam melaksanakan tugas, sehingga tugas dapat dilaksanakan dengan maksimal sesuai lokasi penugasan yang ada.
  11. Personil harus menguasai Daerah / Lokasi di mana dia akan melaksanakan Tugas terutama bahaya ancaman yang ada baik ancaman dari Alam maupun dari Manusia.
  12. Bangun Komunikasi yang baik dalam melaksanakan tugas dengan Instansi terkait maupun Potensi masyarakat yang ada, sehingga tidak akan menimbulkan permasalahan dalam melaksanakan Tugas.
  13. Berikan Nomor-Nomor penting Kepolisian terutama di tempat-tempat rawan dan aktifkan Call Center Aduan yang ada, sehingga setelah ada permasalahan, maka masyarakat akan muda menghubungi pihak Kepolisian.
  14. Untuk perlengkapan Pam Obvit harus dilengkapi dgn SpietBoat atau Perahu Karet, utk menolong pengunjung Wisata apabila terjadi hal-hal yg tidak diinginkan ada pengunjung yg Tenggelam baik di Pantai maupun Danau Tondano.
    Anggota Pam Obvit harus dengan peralatan tersebut, Pak. Samapta Koordinasi dgn Kapolres utk ajukan berjenjang Polda, Mabes Baharkam Polri.

Hadir dalam kegiatan Waka Polres Kompil. Yindar T.Sapangallo, Kabag Ops AKP.Ruddy Repi, Kasat Samapta AKP.Alfreds Wungkana, KBO Samapta IPTU Noufy Massi, jajaran dan Anggota Samapta Polres Minahasa.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.