Jelang Latgab TNI, KRI Teluk Weda-526 Satfib Koarmada III Asah Kemampuan Beaching dam Retrack

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – KRI Teluk Weda-526 melaksanakan latihan Beaching dan Retrack untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit serta menguji kemampuan Alutsista Satfib Koarmada III di Pantai Lokpon, Manokwari (Selasa, 27 Juni 2023).

Setelah mengetahui rencana latihan Operasi Gabungan TNI tahun 2023 akan dilaksanakan di perairan Manokwari pada bulan Juli 2023. Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma melaksanakan manuver menuju pantai Lokpon Manokwari. Hal ini dilakukan untuk menguji fungsi kelengkapan peralatan yang ada dalam mendukung peran Beaching dan Retrack pada operasi amphibi mendatang.

Pemantapan kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan peran Beaching dan Retrack serta terwujudnya kemampuan kapal dalam menghadapi dinamika di lapangan menjadikan latihan ini sangat penting dalam mendukung pelaksanaan operasi amphibi.

Hasil latihan di pantai Lokpon ini akan dikaji dan dijadikan pedoman sehingga hal-hal yang mungkin akan menghambat jalannya latihan Opsgab TNI dapat diantisipasi dan diminimalisir.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan “Latihan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit KRI Teluk Weda-526 dalam melaksanakan prosedur Beaching dan Retrack untuk mendukung pelaksanaan operasi amfibi, muat taktis dan atau muat administrasi dalam latihan Operasi Gabungan TNI tahun 2023 yang akan dilaksanakan beberapa minggu kedepan di wilayah kerja Koarmada III.

Selain itu, latihan juga ditujukan untuk menguji kemampuan alutsista, platform dan sewaco serta pendukung kegiatan latihan dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan zero accident, pungkas Panglima.

Fram
Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.