Kapolres Metro Tangerang Kota Berikan Penghargaan pada Apel Satkamling

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA TANGERANG, – Berlangsung di lapangan apel Polres Metro Tangerang Kota Jalan Daan Mogot No. 52, Sukarasa, Kota Tangerang, Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho memimpin apel Kasatkamling di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Rabu (21/6/2023).

Apel diikuti oleh 262 personil gabungan terdiri dari 187 personil Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya, 20 personil Satpol PP Kota Tangerang, 15 anggota Pokdarkamtibmas, 10 senkom dan 30 RT/RW.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes pol Zain Dwi Nugroho mengatakan apel satuan keamanan lingkungan (satkamling) ini merupakan bentuk dari kesiapan satkamling dalam menghadapi tantangan situasi Kamtibmas saat ini, sehingga tercipta situasi yang kondusif di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik menjelang Pemilu 2024 mendatang,

“Karena tentunya Polri tidak mampu bekerja sendirian dalam menjaga lingkungan sehingga membutuhkan bantuan dari berbagai stakeholder instansi yang lain,” katanya.

Menurutnya, keberadaan satkamling memiliki peran di lingkungan masyarakat. yaitu dengan beberapa rencana dan sistem pengamanan di lingkungan, hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai macam tindak kejahatan yang ada di lingkungan.

“Saat ini modus-modus kejahatan semakin bermacam-macam, diantaranya banyak pelaku kejahatan yang menyamar sebagai ojek online, petugas PLN, petugas PDAM dan lain sebagainya,” ungkap Zain.

Sesuai harapan dan amanah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, setiap petugas satkamling di wilayah dapat  dihidupkan dan dikembangkan kembali di lingkungan masing-masing.

Dalam amanatnya, Kapolri pun mengucapkan terima kasih atas kegiatan satkamling untuk mencegah dan menangkal Kamtibmas yang kondusif di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini demi menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota yang kondusif, aman dan damai. Petugas satkamling ini berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat,” ujar Kapolres.

Dalam pelaksanaannya para ketua RW/RT diharapkan mampu mengatur petugas satkamling secara bergilir dan petugasnya sendiri adalah masyarakat setempat. Kata Zain pelaksanaan satkamling ini tidak dibayar, namun pada pelaksanaannya manfaatnya akan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Sebagai informasi, saat pelaksanaan apel satkamling, Kapolres memberikan hadiah dan piagam penghargaan kepada juara 1, 2, 3 dan juara harapan petugas satkamling yang ada di lingkungan masyarakat kota Tangerang. Polisi berharap dengan hadiah dan penghargaan yang diberikan dapat memotivasi petugas satkamling untuk lebih berinovasi dengan sistem keamanan di lingkungan masing-masing.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.