Uji Kemampuan Sextan Taruna AAL Satlat KJK 2023 saat Lintasi Perairan Selat Inggris

Spread the love

Jurnalline.com, AAL – Satuan Latihan Kartika Jala Krida tahun 2023 (Satlat KJK 2023) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan ke-70 yang onboard di KRI Bima Suci melaksanakan praktek alat navigasi Sextan saat melintasi perairan Selat Inggris, Selasa (20/6). Kondisi cuaca badai dan gelombang air laut yang tinggi dalam pelayaran menuju Kota Brest, Perancis tidak menghalangi semangat Taruna dalam melaksanakan belajar dan berlatih.

Dalam latihan ini, Taruna AAL menggunakan peralatan Sextan, salah satu peralatan navigasi tradisional yang digunakan untuk menentukan posisi kapal berdasarkan pengamatan matahari dan bintang. Latihan Sextan merupakan bagian penting dalam pembelajaran dalam navigasi pelayaran, yang mengajarkan para Taruna untuk mengandalkan pengetahuan mereka dalam menentukan posisi kapal di tengah lautan.

Palaklat KJK 2023 Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo menyampaikan bahwa latihan praktek navigasi astronomi tersebut bertujuan agar Taruna memiliki kemampuan dasar pelaut dalam menentukan posisi kapal bilamana kapal dalam keadaan darurat (blackout) saat kapal berlayar di tengah laut.

“Latihan ini merupakan kesempatan bagi Taruna AAL untuk mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan alat navigasi tradisional seperti Sextan. Keahlian dalam navigasi adalah keterampilan inti yang harus dimiliki oleh seorang prajurit matra laut. Kami berharap latihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kehandalan mereka dalam mengoperasikan peralatan navigasi modern maupun tradisional”, ungkap Palaklat KJK 2023.

Para Taruna AAL dengan penuh semangat berlatih meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang navigasi dan astronomi, terutama dalam menghadapi kondisi yang berubah-ubah di lautan. Dalam latihan praktek Sextan, Taruna harus menghitung sudut matahari dan bintang dengan cermat, mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu, cuaca, dan pergerakan kapal.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.