Pj Gubernur Banten Al Muktabar Lepas Keberangkatan Wapres RI KH Ma’ruf Amin ke Uzbekistan

Spread the love

Jurnalline.com, Serang – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar turut melepas keberangkatan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin bersama rombongan Kunjungan Kerja ke Uzbekistan, Senin (12/6/2023). Pelepasan dilaksanakan di VIP Room Bandara Soekarno- Hatta, Kota Tangerang.

Nampak turut melepas Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, dan Panglima Komando Operasi Udara I Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto.

Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan dari tanggal 12 s.d 17 Juni 2023.

Menggunakan Pesawat Garuda Indonesia-2 Airbus 330, Wapres dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Islam Karimov Tashkent, Uzbekistan. Setelah menempuh penerbangan sekitar 10 jam 15 menit, Wapres dijadwalkan tiba di Tashkent, Uzbekistan pada pukul 18.15 waktu setempat.

Keesokan harinya, Selasa (13/06/2023), Wapres diagendakan bertemu dengan para diaspora Indonesia. Selain bertemu dengan para diaspora Indonesia di Uzbekistan, Wapres juga akan menerima para pelaku usaha industri halal Uzbekistan.

Kemudian, Wapres dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Uzbekistan Abdulla Nigmatovich Aripov di Gedung Kabinet Menteri Uzbekistan, untuk membahas isu-isu strategis, khususnya mengenai peningkatan kerja sama antar kedua negara.

“Ini adalah peningkatan kerjasama terutama di bidang ekonomi. Ada informasi terakhir Uzbekistan itu ingin membuka hubungan yang terkait dengan transportasi udara langsung dari Uzbekistan ke Jakarta. Dan juga berharap agar visa on arrival dari Jakarta bisa segera dibuka, itu harapannya,” ungkap Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi merangkap Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Pada hari selanjutnya, Rabu (14/06/2023) Wapres juga akan menilik rekam jejak peradaban Islam di Islamic Civilization Center dan juga Hazrati Imam Complex yang berada pada satu wilayah yang sama. Di Ibu Kota Uzbekistan ini, Wapres juga akan meninjau salah satu tempat yang berisi sejarah Uzbekistan di Museum Amir Timur.

“Ini adalah kunjungan punya latar belakang historis dan peradaban. Sebagaimana kita ketahui, Uzbekistan adalah negara yang punya sejarah panjang. Sejarah panjang dalam bidang intelektual yang berhubungan dengan ilmu-ilmu keagamaan keislaman dan sains,” jelas Masduki.

Selain berkunjung ke Kota Tashkent, selama di Uzbekistan Wapres juga diagendakan singgah di Kota Samarkand. Samarkand merupakan salah satu kota bersejarah di Uzbekistan karena dianggap sebagai persimpangan budaya dunia.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan kerja ke Uzbekistan kali ini Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Velix Vernando Wanggai; Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono Wahjoe Sedjati; Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun; serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya dan Farhat Brachma.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.