TNI Angkatan Laut Evakuasi ABK Kapal Kandas di Perairan Aru

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/ Koarmada III – TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan TNI AL Aru (Lanal Aru) berhasil melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal yang mengalami kecelakaan laut di Perairan Kepulauan laut Aru. Kapal yang mengalami kecelakaan tersebut yakni KM. Bintang Laut, jenis Kapal pancing cumi dengan GT. 29.Selasa (27/06/23)

Kejadian diawali saat berada disekitar Perairan Kolam Syahbandar Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, cuaca saat itu buruk, hujan dan kabut sehingga visualisasi terganggu membuat kapal tidak bisa dikendalikan dan kandas.

Setelah menerima informasi tersebut, Pangkalan TNI Angkatan Laut/Lanal Aru segera melakukan Search and Rescue (SAR) dengan menurunkan Sea rider dan tim kesehatan, dan berhasil menemukan kapal tersebut, kemudian Tim SAR Lanal Aru dan masyarakat setempat melakukan evakuasi terhadap 17 orang anak buah kapal dengan keadaan selamat.

Terkait dengan kejadian tersebut, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Prasetiyo Agus Harriadi, S.E., M.Tr.Opsla. mengatakan kepada semua pengguna laut agar dalam melakukan pelayaran selalu memperhatikan keadaan cuaca serta peralatan bernavigasi dan peralatan keselamatan yang berada di kapal untuk menghindari terjadinya kecelakaan laut.

Ditambahkan Komandan Lanal Aru dalam hal ini Lanal Aru selalu siap sedia memberikan bantuan SAR kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan, utamanya bila terjadi kecelakaan laut di Wilayah Kerja Lanal Aru.

Fram
Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.