Penggunaan Jaringan Internet Harus Dapat Terkontrol Dengan Baik

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima Komando Lintas Laut Militer Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana berkesempatan menerima apel gabungan prajurit dan PNS Kolinlamil sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera merah putih yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (31/7).

Upacara bendera hari Senin yang dilaksanakan dengan penuh khidmat tersebut, diawali dengan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pengucapan Sapta Marga dilanjutkan dengan amanat Inspektur Upacara. Pelaksanaan upacara kali ini dipimpin oleh Komandan Upacara Letkol Laut (H) Zulfikar yang kesehariannya menjabat sebagai Kasubdis Kumlater/HAM Diskum Kolinlamil.

Dalam amanatnya, Askomlek Pangkolinlamil menyampaikan bahwa saat ini kehidupan manusia memasuki era digitalisasi yang tentunya perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial berkembang sangat pesat dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat berbagai kalangan bahkan cukup menggunakan ponsel dapat terkoneksi dengan internet.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini memang sangat bermanfaat dan dapat memberikan kemudahan dalam pencarian informasi secara universal melalui website atau media sosial yang dapat diakses baik itu oleh orang dewasa maupun anak-anak. Tentunya kemudahan jaringan internet yang didapat ini jangan sampai membuat diri sendiri ataupun anak-anak dirumah lengah dalam penggunaan media sosial sehingga tidak dapat terkontrol dengan baik.

“Oleh karena itu berkaitan dengan perkembangan teknologi saat ini ini, saya tekankan agar para prajurit dan PNS Kolinlamil dapat mengetahui hal apa saja yang dilakukan guna mencegah kebocoran data , yakni tidak mempublikasikan kegiatan operasi yang bersifat rahasia di lingkungan TNI AL tanpa izin, memberlakukan pembatasan akses hanya kepada pengguna yang telah terdaftar guna memperkecil masuknya peretas ke dalam jaringan, lengkapi android dan computer dengan software resmi serta anti virus yang ter-update, gunakan password yang kuat dan unik minimal delapan karakter serta diperbarui secara berkala, abaikan tautan/dokumen yang dikirim dari pengirim yang tidak dikenal dan tidak lupa untuk melakukan log out apabila menggunakan aplkasi chat pada sosial media”, tegas Askomlek Pangkolinlamil

Menggaris bawahi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam hal penggunaan media sosial, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. menghimbau dan mengingatkan seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil beserta keluarganya untuk berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet dan media sosial. Media sosial sangat rawan dengan berbagai risiko penipuan, kebocoran dan kejahatan lainnya. Sebaiknya kita berhati-hati untuk menyebarkan data, identitas, maupun foto-foto pribadi, supaya tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang memiliki niatan buruk.

Dre

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.