Raih Dua Tropi Di Lerwick, KRI Bima Suci Diminta Tampik Dihadapan Princess Royal British

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Skotlandia, – Setelah TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023 KRI Bima Suci berhasil meraih dua tropi di event bergengsi Tall Ship Race Lerwick 2023 yakni The Farthest Vessel From Homeport dan The Tallest Vessel in Tall Ship Race 2023, Komandan Satgas KJK 2023 sekaligus Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) M. Sati Lubis melalui protokoler Kerajaan Inggris diminta untuk tampil langsung dihadapan Princess Royal British Anne.

Pemberian tropi dilaksanakan setelah seluruh prajurit KRI Bima suci beserta seluruh peserta kapal layar yang hadir mengikuti kegiatan crew parade/kirab mengelilingi kota Lerwick, Skotlandia pada Rabu (26/07) lalu. Pada kesempatan tersebut Major of Lerwick Allison Duncan memberikan langsung kedua tropi yang dinominasikan kepada KRI Bima Suci. Oleh karena keunikan, kehebohan dan tampilan nuansa Indonesia yang mampu membuat daya tarik  dan tanggapan masyarakat yang luar biasa di Lerwick tersebut, KRI Bima Suci berkesempatan untuk tampil langsung menyambut Princess Royal British Anne yang berkunjung ke event Tall Ship Race Lerwick 2023 pada Jumat (28/07).

Komandan KRI Bima Suci menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan serta keramahan yang diberikan kota Lerwick kepada KRI Bima Suci selama sandar dan ungkapan rasa bangganya karena KRI Bima Suci berhasil mempromosikan budaya Indonesia dan menjalankan misi diplomasinya.

“Ini adalah bukti nyata cermin tingginya minat masyarakat internasional terhadap budaya Indonesia, kita bangga misi KRI Bima Suci sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa untuk mempromosikan Indonesia dan menjalin hubungan persaudaraan dapat terus tercipta”, jelas Dan KRI Bima Suci.

Penampilan prajurit KRI Bima Suci pada kegiatan crew parade berhasil membuat semua mata warga kota tersebut tertuju pada keunikan Indonesia. Para masyarakat sekitar juga disuguhi berbagai kesenian yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci dari berbagai daerah di Nusantara di Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL Angkatan ke-70 Satgas KJK 2023 juga menghipnotis masyarakat yang hadir dengan penampilannya yang luar biasa meriah. Hal ini lagi-lagi membuat kehadiran KRI Bima Suci yang hadir dalam rangka Satgas KJK 2023 ini berhasil menyuguhkan nuansa bangsa Indonesia di kota/negara yang disinggahinya.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya kepada dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara”, tegas Kasal. 

Dre

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.