Bupati ROR dan Ketua DPRD Glady Kandouw Ikuti Paripurna Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78

Spread the love

Jurnalline.com,Tondano (MINAHASA) —
Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring,MSi (ROR) bersama Forkopimda kab.Minahasa menghadiri dan mengikuti rapat paripurna yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka HUT ke-78 RI Tahun 2023 berlangsung di ruang rapat Paripurna kab Minahasa Rabu (16/8/2023) Pagi.

Turut hadir Ketua DPRD Glady P.E. Kandouw, SE, dengan didampingi Wakil ketua Oktesy Runtu, SH, MSi dan Denny Kalangi serta seluruh anggota dewan yang hadir,
Sementara pihak eksekutif hadir Bupati Dr. Ir Royke Octavian Roring, MSi bersama Wakil Bupati Dr Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP, bersama Sekda Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si diikuti para Asisten serta kepala OPD.

Dalam pidato kenegaraan, Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan bahwa Indonesia harus menjadi negara yang mampu mengolah sumber dayanya,

“mampu memberikan nilai tambah serta mensejahterakan rakyat dan ini bisa dilakukan melalui hirilisasi atau proses pengolahan menjadi barang siap pakai.”

Kepala Negara H.Jokowidodo mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk menyongsong momentum kemerdekaan Indonesia dengan semangat kemajuan. Karena Negara ini, kata Jokowi, memiliki potensi besar untuk meraih Indonesia Emas 2045 dan menjadi kekuatan 5 besar ekonomi dunia.

“Untuk meraih Indonesia Emas, peluang dan strategi untuk sudah ada, dan tinggal apakah kita mau memfokuskan energi untuk bergerak maju atau tidak,” ujar Jokowidodi di hadapan jajaran DPR, MPR, DPD, RI serta para pejabat negara yang hadir dalam Sidang Tahunan memperingati HUT ke-78 RI di Senayan Jakarta.

Salah satu peluang yang dimaksud Jokowi adalah bonus demografi pada tahun 2030 nanti. Dimana 80 persen penduduk Indonesia berusia produktif. Selain itu, dirinya juga menyoroti kepercayaan internasional yang dimiliki Indonesia.

Peran dan Momentum Presidensi G20, Kekuatan ASEAN, dan konsistensi Indonesia dalam menjunjung tinggi HAM dan kemanusiaan, serta kemampuan mampu bertahan pada krisis ekonomi dunia dalam tiga tahun terakhir, telah mengokohkan peran Indonesia dalam peta percaturan dunia.

“Kita harus memanfaatkan peluang ini, karena tidak semua negara memiliki kesempatan serupa
Sementara itu, strategi untuk memanfaatkan peluang tersebut adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan kompetitif.” Jelas Presiden

“Kekayaan sumber daya alam saja tidak cukup. Kita juga harus memiliki SDM yang berkualitas. Harus melaju untuk Indonesia Maju. Dirgahayu NKRI, Dirhahayu Negeri Pancasila. Merdeka, Merdeka!” Ungkap Presiden Jokowi mengakhiri pidato kenegaraan.

Disisi lain Bupati Royke Roring mengatakan pada agenda hari ini presiden RI H.Jokowidodo juga menjelaskan terkait dengan Visi dan misi yang disampaikan oleh pemerintah pusat harus sama narasinya, menjadi satu kesatuan, berkolaborasi antara pemerintah dengan forkopimda, DPRD Minahasa untuk menjaga stabilitas, meningkatkan pembangunan, dan melaksanakan momentum kebangsaan dengan penuh rasa hikmat.

“Kepada jajaran Forkopimda, jajaran Pemkab Minahasa atas kerjasamanya selama ini dan di HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, saya ucapkan dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Minahasa yang secara nersama-sama telah ikut serta dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa yang lebih baik dan maju dalam segala bidang,” tandasnya

Pada kesempatan Bupati Royke Roring menyampaikan ‘Sekali lagi di Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 78.

“Semoga umur ke 78 ini membuka jalan yang lebih lebar bagi kejayaan dan kemajuan bangsa dan terus melaju untuk Indonesia maju,” ajaknya

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.