Danpuspenerbal Hadiri Delivery Ceremony 5 unit KCR 60 M oleh Menhan

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Puspenerbal –
(Dispen Puspenerbal). Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Dr. Imam Musani beserta istri menghadiri Delivery Ceremony 5 unit Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam bentuk sailing pass di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (14/8/2023).

Menhan menyatakan bahwa keberhasilan PT PAL Indonesia dalam memproduksi sejumlah kapal perang membuktikan kesungguhan anak bangsa dalam menjamin kedaulatan negara.

“Penguatan kemampuan matra laut dari segi penambahan alat utama sistem senjata atau alutsista maupun sumber daya manusia mutlak harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara,” katanya.

Sebelum resmi menjalani prosesi sailing pass, KCR 60 meter besutan PAL telah merampungkan pemasangan dan integrasi sistem persenjataan pada Kepal Perang Republik Indonesia (KRI) Halasan-630 pada awal tahun 2023.

Selain itu, PAL juga telah merampungkan pembangunan dan pemasangan persenjataan pada KRI Kapak-625 dan KRI Panah-626, serta mengukuhkan komandan kapal pada 17 Mei 2023.

Kini, PAL telah resmi menyerahkan KCR 60 meter tersebut untuk bertugas menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

Saat prosesi penyerahan, Menhan Prabowo, didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali, serta para pejabat pemangku kepentingan, disuguhi dengan parade sailing pass secara berurutan oleh Kapal MCMV KRI Pulau Fani-731, KRI Pulau Fanildo-732, KRI Kapak-625, KRI Panah-626, KRI Halasan-630, KRI Tombak-629, KRI Sampari-628, dan KRI Golok-688.

“Dengan keberhasilan kapal-kapal buatan PT PAL ini tentu akan menjadi bukti bahwa kita sungguh-sungguh dalam menjamin kedaulatan bangsa dan negara,” ujar Menhan Prabowo.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.