Kolinlamil Dukung Upacara Tabur Bunga Di Laut Dalam Rangka Hari Pramuka

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62 dan Reimuna Nasional XII tahun 2023 dilaksanakan upacara tabur bunga di perairan Teluk Jakarta dengan menggunakan kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer yaitu KRI Banda Aceh-593, Selasa (15/8). Kegiatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 ini mengusung tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Acara diawali dengan upacara dan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga dari atas kapal dipimpin oleh Waka Kwarnas Bidang Bela Negara Brigjen TNI (Purn) Hasto Pratisto Yuwono.

Peserta upacara tabur bunga dari geladak KRI BAC-593 tersebut diikuti oleh perwakilan anggota Pramuka dari kontingen daerah di seluruh Indonesia yang berjumlah 250 orang. Hal tersebut menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka karena baru pertama kali naik dan berlayar dengan menggunakan kapal perang. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan dengan mendokumentasikan momentum tersebut sebagai sebuah kenangan yang tidak terlupakan. Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Sulthon Firdaus yang turut serta mengikuti rangkaian menyampaikan apresiasinya kepada anggota Pramuka yang tertib dan disiplin saat on board KRI.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. melalui Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo menyampaikan, dengan kegiatan tabur bunga di laut untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang gugur diharapkan mampu menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda dan meneladani patriotisme dan semangat pantang menyerah para pahlawan. Peran Kolinlamil tidak hanya dalam hal mendukung angkutan laut militer pergeseran pasukan dan materiil tempur semata namun juga dituntut untuk menunjukkan eksistensinya dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang membawa manfaat bagi masyarakat khususnya sebagai sarana edukasi bagi generasi muda dan turut serta mengatasi permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Keikutsertaan Kolinlamil dalam mendukung kegiatan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus tiap tahunnya merupakan wujud sinergitas TNI AL bersama komponen bangsa. Hal tersebut adalah tindak lanjut dari penekanan dan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus selalu menjaga kepercayaan kepada negara dan masyarakat Indonesia dengan kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Dre

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.