AAL Turut Serta Dalam Program Sosialisasi Akreditasi Perguruan Tinggi TA 2023 Di Akmil

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Kepala Penjamin Mutu (Ka PM) Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Kolonel Laut (S) Dr. Asep Iwa Soemantri mewakili Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, berserta lima orang dari Program Studi Matra Laut mengikuti Sosialisasi Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Prof. Ir. Agus Setyo Muntohar, Ph.D. di Gedung Leo Kailola Akmil pada Kamis (14/9).

Dalam presentasinya Prof. Agus Setyo Mutohar, menyampaikan bahwa Akademi Militer telah terintegrasi dengan Dikti sejak dikeluarkannya Surat Keputusan dari Mendiknas RI Nomor 245/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010. Akademi ini memiliki lima program studi, yaitu Manajemen Pertahanan, Administrasi Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, dan Teknik Sipil Pertahanan. Selain itu, Akademi Militer juga mengikuti regulasi dari BAN PT dan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Tri Pola Dasar yang terimplementasi dalam kurikulum pendidikan.

Sebagai hasil dari upaya yang telah dilakukan, Akademi TNI Angkatan Laut telah meraih peringkat Akreditasi “Unggul” dan prestasi ini menjadi kebanggaan bagi seluruh Civitas Akademika Akademi TNI Angkatan Laut yang merupakan bukti bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal telah dilaksanakan dengan baik dan terukur, bahkan melebihi Standar Nasional Dikti, sehingga memperoleh Peringkat “Unggul” dari Penjamin Mutu Eksternal, yaitu BAN PT.

Selain itu, program-program studi di Akademi Militer juga telah lolos dalam perhitungan PEPA oleh BAN PT. Hal ini merupakan hasil kerja keras Lembaga Penjamin Mutu yang telah melaksanakan siklus PPEPP dengan benar dan terukur, didukung oleh para Ka Prodi yang memberikan data dukung serta selalu bekerja sama dalam mematuhi standar yang ditetapkan.

Dengan demikian Akademi Militer berkomitmen untuk mempertahankan peringkat Akreditasi “Unggul” ini dan mendorong program-program studi yang telah lolos untuk mencapai peringkat yang sama melalui ISK Prodi. Hal ini menjadi langkah penting dalam menjadikan Akademi Militer sebagai “Center of Excellence” dan “World Class Naval Academy.”

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.