Dahrowi AAL: Danlantamal V Ikuti Ziarah Rombongan Jelang Peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya,,– Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono beserta Ketua Korcab V DJA II Ny.Dian Eko Wahyono mengikuti Ziarah Rombongan menjelang peringatan HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 di Makam Bung Karno, Kota Blitar. Rabu (27/09/2023).

Upacara ziarah di makam Presiden pertama RI, Ir Sukarno atau Bung Karno tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI yang dipimpin oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Suhartono.

Dankodiklatal mengatakan bahwa ziarah ini dilakukan untuk mengenang kembali serta menghormati dan menghargai jasa pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk Indonesia.

Lebih lanjut khususnya Bung Karno salah satu tokoh pendiri bangsa dan Proklamator Kemerdekaan RI. Begitu juga KH Abdurahman Wahid sebagai presiden keempat telah melanjutkan perjuangan presiden sebelumnya untuk memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia.

“Dengan kegiatan ziarah harapannya prajurit TNI bisa meneladani perjuangan Bung Karno dan KH Abdurrahman Wahid,” Terang Dankodiklatal.

Setelah pelaksanaan upacara ziarah, rombongan pejabat TNI Jawa Timur melakukan tabur bunga di pusara Bung Karno dan upacara ziarah dilakukan didua lokasi, yakni dimakam Presiden pertama RI, Ir Sukarno dan dimakan Presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid.

Turut hadir dalam ziarah tersebut, Pejabat Forkopimda Blitar Raya, Wali Kota Blitar, Bupati dan Kapolres serta Pejabat terkait lainnya.
[28/9 07.31] A Dahrowi AAL: Bekali Pengetahuan dan Keterampilan, Taruna AAL Tingkat III Korps Marinir Angkatan Ke-70 Latihan Bersama Prajurit Petarung Marinir Karangpilang

AAL, Surabaya (27/9/2023).

Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Korps Marinir Angkatan Ke-70 yang sedang latihan praktek dengan pasukan (Tekpas) di hari ke sepuluh ini melaksanakan latihan drill tehnis dan taktis material tempur (Matpur) dimasing masing satuan pelaksana (Satlak) yang menjadi tugas dalam praktek dengan pasukan baik di Resimen Kaveleri 2 Marinir, Resimen Artileri 2 Marinir maupun Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir yang bertempat di Bumi Marinir, Karangpilang, Surabaya. Rabu (27/9).

Sebelum dilaksanakannya drill tehnis dan taktis matpur, para Taruna AAL Korps Marinir menerima penjelasan dari Perwira pendamping latihan di satuan terkait petunjuk tehnis dan taktis Matpur dalam penyelenggaraan tugas tempur guna mendukung satuan manuver.

Adapun materi tehnis dan taktis Matpur satuan yang diberikan diantaranya drill kerjasama Infanteri Tank (KSIT) di Yon Tankfib 2 Marinir, drill perintah penembakan artileri baik di Yon Howitzer 2 Marinir, Yon Roket 2 Marinir dan Yon Arhanud 2 Marinir serta drill mekanisme bantuan dan dukungan tempur baik pengetahuan bahan peledak (Handak) dan konstruksi, prosedur komunikasi taktis, klasifikasi bekal klas tempur, prosedur pimpinan (Prospim) berkendara angkutan bermotor serta pelayanan administrasi pengaturan lalulintas dan prosedur penanganan tawanan di jajaran Resimen Banpur 2 Marinir.

Perwira pelaksana latihan (Palaklat) Mayor Marinir Yunda Karyawanto menyampaikan bahwa kehandalan satuan pelaksanan (Satlak) di jajaran Resimen ini salah satunya sangat tergantung dari kesiapan dan kemampuan personel pengawak, kesiapan material tempur serta tehnis dan taktis penyelenggaraan tugas tempur dalam rangka mendukung pasukan manuver depan.

Pada pelaksanaan drill tehnis dan taktis Matpur satuan, para Taruna diberikan kesempatan untuk mempraktekan sebagai Komandan satuan setingkat regu/seksi hubungan peleton, sehingga dengan demikian para Taruna lebih cepat memahami materi latihan yang dilatihkan sesuai dengan penggunaan di medan sebenarnya.

Dalam kesempatan Lattek ini Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL Kolonel Marinir Rana Karyana berpesan bahwa Taruna AAL Korps Marinir setelah menyelesaikan belajarnya di Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) nantinya dalam kedinasan tidak hanya ditempatkan langsung di kesenjataan infanteri saja, melainkan juga ditempatkan di kesenjataan Kaveleri, Artileri dan Bantuan Tempur Korps Marinir.

“Pada kesempatan latihan Tekpas kali ini, kalian harus menggali sedalam dalamnya pengetahuan dan keterampilan dari masing masing satuan tersebut, sehingga kalian mempunyai bekal dan siap untuk diaplikasikan dalam kedinasan yang akan datang”, pungkas Kadepmar AAL.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.