Hormati Perjuangan Pahlawan, Dankodiklatal Pimpin Ziarah Peringatan HUT Ke-78 TNI AL

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI Angkatan Laut Tahun 2023, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono memimpin Ziarah dan Tabur Bunga yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 Nopember Jalan Mayjen Sungkono No. 190 Dukuhpakis Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang dipimpin oleh Pimpinan Ziarah, dilanjutkan peletakan karangan bunga di Monumen Taman Makam Pahlawan 10 Nopember dan ditutup dengan acara tabur bunga. Untuk HUT Ke-78 tahun ini TNI AL mengusung tema “ Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dankodiklatal menyebut, ziarah ini bentuk penghormatan para prajurit TNI AL kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). “Dalam rangka HUT ke-78 TNI AL tahun 2023, Bapak Kepala Staf Angkatan Laut memerintahkan seluruh jajaran yang ada di bawahnya, melaksanakan ziarah ke TMP di daerah masing-masing,” jelas Letjen Suhartono usai ziarah.

Lebih lanjut Dankodiklatal menyampaikan rangkaian ini penting untuk menjaga semangat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini. “Kita sebagai warga negara penerus bangsa sudah seharusnya ikut serta melanjutkan perjuangan kemerdekaan. Dimana kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darma bakti kita di bidang masing-masing. Begitu juga kita sebagai TNI AL harus bekerja mempertahankan NKRI sesuai tugas pokok,” ujar Dankodiklatal.

Pada peringatan HUT ke-78 TNI AL ini tak hanya ziarah, akan ada serangkaian kegiatan diantaranya program kali bersih, bakti sosial, serta lomba yang terkait dengan olahraga perairan maupun yang sedang populer seperti Motorcross. Pada 11 September waktu acara puncak, akan digelar upacara, kemudian 17 September akan ada kirab kota melibatkan TNI dan masyarakat.

Dalam acara hari ini, turut dihadiri para pimpinan Kotana TNI Angkatan Laut wilayah Surabaya, mulai Pangkoarmada II, Danpuspenerbal, Gubernur AAL, Komandan Lantamal V, serta Ketua Bakor Jalasenastri wilayah Surabaya sekaligus Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono.

Dre

Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.