Meriahkan HUT TNI AL Ke-78, GS Gita Jala Taruna AAL Pimpin Kirab Kota Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi di dampingi Wakil Gubernur (Wagub) AAL Laksma TNI Arif Badrudin, Sekretaris Lembaga (Seklem) AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabawati serta Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono menghadiri kirab kota Surabaya dalam rangka memperingati hari jadi TNI AL ke – 78 TA 2023 di Tugu Pahlawan Jl. Gemblongan Surabaya, Minggu (17/9)

Tampak hadir dalam kirab kota kali ini Komandan Kodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, Komandan Pushidrosal, KS Koarmada RI, Pangkoarmada II, Komandan Seskoal, Komandan Puspenerbal, Waasops Kasal, Kadispotmaral, Kadisminpersal, Komandan Puskopaska, Komandan STTAL, Komandan Lantamal V, Ka. RSPAL dr. Ramelan Surabaya, Kaskogartap III/Sby, Wadan Pasmar, Kapolrestabes Surabaya, Dansatpolairud Polda Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Kantor Bea Cukai Surabaya, Dirut PT. Pal – Diwkili, Kadispora Kota Surabaya, Kadispora Prov, Jatim, Ketua yayasan Hang tuah Surabaya serta para undangan lainnya.

Adapun kirab kota dengan start dari Tugu Pahlawan-Jl. Gemblongan dan Finish di depan gedung Negara Grahadi Surabaya ini menempuh jarak 3 Km serta di ikuti dari berbagai peserta kirap di antaranya Kontingen AAL, Kontingen Kodiklatal, Kontingen STTAL, Kontingen Hangtuah, Kontingen Koarmada II, Kontingen Yayasan Nala, Kontingen TNI-Polri, Kontingen Barunawati, Kontingen Kesehatan TNI AL, Kontingen SMA Madani, Kontingen Puspenerbal, Kontingen Poltek Pelayaran, Kontingen Kemaritiman, Kontingen Seni Budaya, Kontingen Marinir serta Kontingen kendaraan Tempur dan Taktis

Kirab kota dalam rangka HUT ke – 78 TNI AL yang diberangkatkan langsung oleh Komandan Kodiklatal ini juga di meriahkan oleh Tari Nusantara, Kolone senapan dari Pasmar 2, Display Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL dan demonstrasi Pesawat udara dari Puspenerbal serta demonstrasi Penerjunan dari Pasmar 2 Surabaya.

Komandan Kodiklatal dalam amanatnya mengatakan bahwa tujuan dari kirab Kota hari ini adalah menghadirkan TNI Angkatan Laut di tengah-tengah Masyarakat khususnya masyarakat Surabaya dan generasi muda bahwa Surabaya Selain sebagai Kota Pahlawan juga sebagai Kota Angkatan laut karena memiliki pangkalan TNI Angkatan Laut yang terbesar di Indonesia Selain itu kirab kota sebagai upaya untuk lebih merekatkan TNI Angkatan Laut kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jatim Ibu Khofifah Indar Parawansa yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Jawa Timur(Sekdaprov Jatim) juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan partisipasinya kepada TNI Angkatan Laut yang selama ini menjaga kedaulatan maritim dan juga perlindungan kepada seluruh tumpah darah Indonesia dan khusus bagi Jawa Timur, HUT TNI AL mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Surabaya yang juga dikenal dengan kota Navy City atau Blue Navy atau blue City, dengan perayaannya dan seluruh aktivitas TNI Angkatan Laut disini maka kita berkata bahwa Surabaya adalah rumahnya dari TNI Angkatan Laut.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.