Pemerintah Ogan Ilir Segera Laksanakan Shalat Istisqo

Spread the love

Jurnalline.com,Ogan Ilir (Sumsel) Musim kemarau yang sedang berlangsung di berbagai daerah, terutama di Ogan Ilir membuat polusii udara yang buruk dan kabut asap yang tebal tentu sangat mengganggu kehidupan manusia,
akibat kemarau juga berbagai lahan terbakar yang menimbulkan asap dan kabut tebal dan sulitnya air bersih di Wilayah Ogan Ilir.

Kondisi ini membuat Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat akan gelar Sholat Ustisqa’ atau salat minta hujan, yang akan dilaksanakan pada 19 September 2023 mendatang.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Ahmad Albatani, S.Hi, M.Si Sholat Istisqa’ ini akan dilaksanakan di Lapangan Komplek Perkantoran Terpadu Pemda Ogan Ilir.

“Insyaallah Sholatnya kita mulai Pukul 07.30 WIB,” ujar Kabag Kesra Albatani kepada awak media, Sabtu, 16 September 2023.

Rencananya Sholat Istisqa’ ini akan dipimpin oleh KH Karim Umar sebagai imam dan DR Fahmi Umar LC sebagai Khatib,akan diikuti seluruh Pegawai Pemkab Ogan Ilir.

“Bila perlu masyarakat Ogan Ilir juga turut serta mengikuti Sholat istisqa’ ini,” harapnya.

Ditambahkan Albatani, digelarnya Sholat Istisqa’ ini dalam rangka mengharap ridho dari Allah SWT, supaya dapat mnirunkan hujan di Wilayah Ogan Ilir khususnya dan Sumatera Selatan umumnya.

Karena, sebagaimana diketahui, saat ini Wilayah Kabupaten Ogan Ilir tengah memasuki musim kemarau. Akibatnya, lahan menjadi kering lantaran sumber air di sebagian besar Wil) llllayah Ogan Ilir sudah tidak ada.

“Karena kering ini membuat lahan banyak yang terbakar. Akibat kebakaran lahan tersebut, kita juga diserang asap,” lanjutnya.

Albatani juga berharap, semoga Allah SWT menurunkan hujannya dan masyarakat Ogan Ilir terhindar dari marabahaya apapun.

Sebelumnya, shalat istisqa’ dan zikir bersama juga diselenggarakan oleh Polres Ogan Ilir yang diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir di Halaman Mapolres Ogan Ilir.

Untuk diketahui, dampak buruk yang timbul dari pengaruh kabut asap atas terbakarnya hutan dan lahan, bisa menyebabkan terganggunya kesehatan. Seperti, menyebabkan infeksi saluran pernapasan, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit jantung serta iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan.

Di katakan Albarani, Shalat istisqa’ merupakan ibadah sunnah yang sering dikerjakan umat Islam dikala musim kemarau. Adapun dikerjakan secara berjamaah di lapangan terbuka seperti yang pernah dicontohkan Rasulullah SAW,”ucapnya. (Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.