Pelatihan dan Sertifikasi Profesi, bentuk Prajurit TNI AL Yang Kompeten

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, – TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal) menutup kursus penyiar Radio, TV dan Jurnalis TNI AL TA 2023 yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Sekdispenal) Kolonel Laut (P) Nanang Hariono, mewakili Kadispenal Laksamana Pertama TNI I.M. Wira Hady A.W., bertempat di Studio Sagoro Nusantara 2 Dispenal, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/09).

Kadispenal dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdispenal mengatakan bahwa selama mengikuti kursus para peserta telah dilatih dan dibina serta melaksanakan uji asesi penyiaran, sehingga dinyatakan lulus oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan mendapatkan lisensi sebagai seorang penyiar yang dapat digunakan, tidak hanya di lingkungan TNI Angkatan Laut, namun dapat juga digunakan di luar instansi TNI Angkatan Laut.

“Sehingga dapat memanfaatkan ilmu sebagai penunjang dalam meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian kepada TNI Angkatan Laut TNI bangsa dan negara”, tambah Kadispenal.

Kegiatan kursus yang dilaksanakan sejak tanggal 11 sampai dengan 22 September 2023 ini diikuti sebanyak 23 personel TNI AL baik militer maupun PNS perwakilan Kotama TNI AL seluruh Indonesia.

Selama kegiatan, para peserta mendapatkan berbagai materi baik teori maupun praktek oleh para instruktur dari personel TNI AL dan instruktur dari kelas tutur, salah satunya oleh Nino Budiyanto.

Selain itu para peserta juga melaksanakan kegiatan praktikum reportase dan wawancara di Taman Mini Indonesia Indah serta kunjungan ke Radio Gen FM. Setelah mengikuti rangkaian materi, seluruh peserta melaksanakan uji kompetensi atau uji asesi dari asesor TNI Angkatan Laut.

Adapun peserta yang lulus sebagai peserta terbaik pada kursus penyiar TNI AL TA 2023 ini antara lain reportase radio terbaik, Peltu Kom Mukholil, presenter TV terbaik yaitu Letda Laut (KH) Geraldi, dan kelompok terbaik yaitu kelompok 1.

Pelaksanaan kursus penyiar Radio, TV, dan Jurnalis TNI Angkatan Laut TA 2023 merupakan salah satu langkah dalam menyukseskan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan kompeten.

Fram

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.