Peran Serta Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL Dalam International Medical Conference

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta,- Perwira Kesehatan memiliki peran sentral dalam membangun health awareness guna mengantisipasi berbagai penyakit di daerah misi. Lettu Laut (K) dr. Muhammad Fadil, M.A.R.S. selaku Perwira Kesehatan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL turut berpartisipasi dalam International Medical Conference yang digelar oleh Medical Cell UNIFIL di Force Commander Building, Naqoura, Jumat (22/09).

Acara tersebut sebagai forum penting perwira kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan terkini. Kehadiran perwira kesehatan Satgas menjadi semakin penting dengan kapabilitas Heli Panther HS-1306 onboard KRI Frans Kaisiepo-368 untuk melaksanakan Medevac di Saint George Hospital sebagai rumah sakit rujukan utama.

Medical Conference dihadiri oleh Staf Menteri Kesehatan Lebanon, Chief Medical Officer UNIFIL, Force Medical Officer, stakeholder bidang kesehatan Lebanon, dan para perwira kesehatan dari 15 negara yang berkontribusi dalam mengirimkan pasukan perdamaian di Lebanon.

Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa materi penting oleh narasumber dilanjutkan dengan diskusi terkait manajemen pencegahan dan penanganan kasus virus rabies, kesehatan mental, serta prosedur medical evacuation (Medevac).

Rabies merupakan salah satu penyakit infectious berbahaya yang tengah menjadi perhatian di Lebanon seiring dengan semakin meningkatnya angka morbiditas dan mortalitas, yang mendasari diselenggarakannya acara Medical Conference.

Chief Medical Officer berkebangsaan India menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan kontribusi Satgas MTF untuk berbagi ide dan gagasan dalam pencegahan dan penanganan penyakit infectious di Lebanon. “Keikutsertaan Satgas MTF dalam konferensi internasional ini merupakan hal positif dalam memperluas jejaring dan membangun kapasitas bidang kesehatan yang pada gilirannya diperlukan untuk menjamin kesehatan dari seluruh prajurit Satgas”, terang Dansatgas, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah bertugas dalam misi perdamaian dunia untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan dengan pengabdian tulus ikhlas serta menjaga nama baik TNI AL dan Bangsa Indonesia di dunia internasional.

Fram

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.