Peringati HUT Ke-78 TNI, Pangkoarmada III Buka Bakti Kesehatan dan Bazar

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi membuka pelaksanaan Bakti Kesehatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI di alun-alun Aimas, Kab Sorong, Papua Barat Daya. Minggu (24/09/23).

Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan momentum yang penting bagi bangsa Indonesia. Setiap tahun, TNI merayakan berdirinya dengan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh anggota TNI dan masyarakat.

Selain momen peringatan sejarah dan prestasi TNI, perayaan HUT TNI juga menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk memperkuat keterlibatan TNI dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang dikenal dengan Bakti Kesehatan.

Dalam memperingati HUT ke-78 TNI tahun 2023, Komando Armada III menyelenggarakan kegiatan Bakti Kesehatan bersama satuan-satuan TNI di wilayah Sorong yang didukung PMI Kota dan Kabupaten Sorong berupa donor darah, khitanan massal, pengobatan umum dan gigi bagi masyarakat umum.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak oleh TNI di 78 titik ini di dahului dengan senam SKJ 88 dan jalan sehat sejauh 2 KM yang diikuti personel TNI-Polri dan masyarakat serta pelaksanaan Bazar yang diikuti oleh Ibu-ibu dari Jalasenastri, Persit dan Organisasi Wanita lainnya serta UMKM Sorong Raya yang menampilkan makanan dan minuman serta kerajinan tradisional.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat serta sebagai bentuk kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Sasaran pelaksaan kegiatan Bakti Kesehatan di wilayah Sorong oleh Koarmada III adalah donor darah sebanyak 1000 orang, khitanan sejumlah 100 orang, pengobatan umum dan gigi sebanyak 1000 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari ditempat yang berbeda dimana pelaksanaan donor darah telah dimulai sehari sebelumnya pada hari Sabtu, 23 September 2023 di Aula Korem 181/PVT sedangkan khitanan massal juga telah dimulai sehari sebelumnya di Gedung Serba Guna Lantamal XIV Sorong. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penumpukan masyarakat yang ingin ambil bagian dan mengikuti pengobatan gratis tersebut.

Panglima Koarmada III menegaskan bahwa Koarmada III akan terus melakukan dan melanjutkan kegiatan positif yang menyentuh langsung lapisan masyarakat dan akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

Pengobatan umum, perawatan gigi, khitanan massal dan donor darah ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat luas seperti yang kita lihat saat ini, TNI dari rakyat dan untuk rakyat, pungkas Panglima.

Fram

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.