Pertemuan Bilateral Kasal dengan Wamenhan Serbia, Ini yang Dibicarakan

Spread the love

Jalesveva Jayamahe,

Jurnalline.com, Jakarta, – Dalam rangka kegiatan kunjungan kerja di Serbia, yang dilaksanakan pada 26-27 September 2023 kemarin, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan pertemuan bilateral dengan State Secretary, Ministry of Defence (Wamenhan Serbia) Mr. Nemanja Starovic di Kantor Kemenhan Serbia, di Beograd, Rabu (27/09).

Beberapa pokok pembahasan dan peluang kerjasama militer diantaranya mengenai peluang kerjasama dalam penelitian dan pengembangan serta produksi bersama senjata dan amunisi, penawaran latihan anti teror di Serbia, pelatihan dalam pengamanan dan pemeliharaan amunisi, peluang transfer of knowledge dalam pembuatan amunisi medium dan ringan dari persenjataan buatan Serbia serta peluang kerjasama lainnya di waktu yang akan datang.

Dalam pertemuan bilateral tersebut Kasal didampingi oleh Dubes RI untuk Serbia, Bapak Mochamad Chandra Widya Yudha dan beberapa pejabat utama TNI Angkatan Laut antara lain Asintel Kasal, Waasrena Kasal serta Kadisadal.

Kunjungan Kasal ke Serbia merupakan rangkaian kegiatan lawatannya ke beberapa negara seperti Jerman dan Amerika Serikat. Disela-sela kunjungan tersebut, Kasal berkesempatan melaksanakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin Angkatan Laut dan militer negara sahabat seperti US Pacific Fleet Commander (US Navy), Kasal Perancis, Kasal India, Kasal Kanada dan Commandant United States Marine Corps (USMC), guna menjalin kerjasama militer antar negara.

Selain melaksanakan pertemuan bilateral, kunjungan Kasal ke beberapa negara dalam rangka meninjau langsung industri pertahanan di negara tersebut dan menghadiri beberapa kegiatan seperti International Seapower Symposium / ISS-25 di Amerika Serikat serta PARTNER 23 – Defense Exhibition di Beograd, Serbia.

Fram

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.