Semarak HUT Ke-78 TNI AL Tampilkan Budaya Karawitan di Keraton Yogyakarta.

Spread the love

Jalesveva Jayamahe

Jurnalline.com, Jakarta,- Masih dalam peringatan HUT Ke-78 TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta menampilkan kesenian Jawa berupa uyon uyon Karawitan dan tari yang dikemas dalam satu paket di Keraton Yogyakarta, Selasa (12/09) lalu.

Uyon-uyon Karawitan merupakan salah satu kesenian yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Lanal Yogyakarta terhadap warisan budaya nusantara. Kesenian ini melibatkan wiyaga (penabuh gamelan), pelantun lagu, dan penari dari prajurit, PNS dan Jalasenastri Lanal Yogyakarta dengan arahan pelatih dari Keraton Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Dr. Devi Erlita, M.M., M.Tr.Hanla menyampaikan rasa bangga dan ucapan apresiasi kepada seluruh personel Lanal Yogyakarta, disamping tugas pokok masih mampu melaksanakan kegiatan kesenian karawitan dan tarian Jawa dengan baik.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan apreasi atas kegiatan yang terselenggara dan menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, dalam hal ini melibatkan personel TNI AL untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Fram

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.