Setelah Dua Hari Berlangsung, Sidang Wanbangopstik ke-78 TNI AL 2023 Resmi Ditutup

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL-Dispen Puspenerbal –
Setelah dua hari berlangsung, Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) ke-78 TNI AL TA.2023 resmi ditutup Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal), Laksma TNI Sigit Santoso mewakili Asops Kasal Laksda TNI Denih Hendrata di Wisma Perwira Lanudal Juanda Puspenerbal, Kamis (21/9/2023).

Dankolat Penerbal Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu selaku Ketua Panitia mengawali acara penutupan acara tahunan ini dengan laporan kepada Kadisopslatal sebagai pimpinan sidang yang diikuti 45 peserta ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wadan Puspenerbal Laksma TNI Bayu Alisyahbana, Dirdok Kodiklatal, Dirlambangja Puspenerbal, Danwing Udara 2 Puspenerbal, Dirops Puspenerbal, Danlanudal Juanda, Wadan Pasmar 2 dan perwira Puskopaska, sementara itu secara Vicon diikuti pejabat Koarmada I, Koarmada III, Subdis Stratikops Disopslatal dan Kolat Koarmada I Jakarta.

Asop Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Kadisopslatal bersyukur atas telah selesainya sidang Wanbangopstik TA.2023 yang berlangsung selama dua hari dengan baik dan lancar.

Menurut Asops Kasal, seluruh peserta sidang maupun narasumber telah menunjukkan semangat dan antusias serta dedikasinya dalam diskusi yang berkembang secara dinamis dalam forum akademis, sehingga dengan kurun waktu yang terbatas, bisa dicapai hasil yang optimal dan yakin, bahwa naskah telah didiskusikan dengan baik.

Asops Kasal berpesan, agar naskah yang telah didiskusikan tersebut, segera disempurnakan oleh Tim Pokja, untuk kemudian diserahkan ke Mabesal, guna proses pengesahan dan produksi serta distribusi sebagai petunjuk teknis dan petunjuk referensi pelaksanaan.

Menurutnya, Wanbangopstik ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan pembahasan materi-materi yang menitikberatkan pada pengembangan doktrin operasi dan taktik sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan strategis dan kondisi alutsista yang kita miliki.

Sesuai dengan program Wanbangopstik lanjutnya, kali ini membahas empat materi guna mengakomodasi tingginya dinamika operasional Angkatan Laut, namun tidak mengurangi esensi dan kinerja kita dalam pembaharuan.

Dengan selesainya sidang ini, Asops Kasal mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta sidang atas upaya dan dedikasi dalam penyempurnakan naskah sidang, dan khusus kepada Puspenerbal beserta jajanan selaku pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan dengan baik, sehingga pelaksanaan Wanbangopstik dapat berjalan sesuai rencana.

“Kepada Tim Pokja saya perintahkan segera merevisi konsep naskah, sesuai saran dan masukan dari para narasumber dan penanggap, sehingga bisa segera ditetapkan dan digunakan oleh satuan operasional,” pungkasnya.

Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.